Kompas TV nasional politik

Hari Ini, KPU Jadwalkan Rekapitulasi Suara untuk 5 Provinsi, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 06:00 WIB
hari-ini-kpu-jadwalkan-rekapitulasi-suara-untuk-5-provinsi-ada-di-mana-saja
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pelaksanaan rapat rekapitulasi lanjutan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk lima provinsi dan Petugas Pemilu Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur pada hari ini, Senin (18/3/2024).

Anggota KPU RI, August Mellaz, di Jakarta, Minggu (17/3), menjelaskan, kelima provinsi tersebut adalah Jawa barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

“Yang jelas target kami kan mengesahkan setiap provinsi, soal kita penetapan nasionalnya itu soal lain,” jelasnya dikutip dari laporan jurnalis KompasTV, Minggu malam.

Mengenai pemilihan suara ulang di PPLN Kuala Lumpur, Mellaz menyebut hasil rekapitulasinya sudah selesai, tinggal pembacaan hasil.

“Ya termasuk nanti yang PSU Kuala Lumpur, kalau yang hasil PSU Kuala Lumpur itu sudah selesai, tinggal kita bacakan, termasuk itu.”

Baca Juga: TPN Ganjar Akan Hadirkan Kapolda di Sidang MK, Ini Respons TKN Prabowo-Gibran

Saat ditanya untuk memastikan apakah pembacaan hasil PSU akan dilaksanakan Senin (18/3), Mellaz mengatakan yang jelas hasilnya sudah ada.

“Ya misalnya bisa aja besok (hari ini-red) nanti kita lihat. Yang jelas barangnya sudah ada.”

“Kalau kita lihat satu provinsi malam ini (17/3), kan sisa 6, sudah  32 provinsi sampai tanggal 16 maret, kemudian tanggal 17 ada satu. Sisanya di tanggal 18 ya, saya tidak tahu itu istilahnya digeber apa nggak,” tuturnya.

Ia menegaskan rapat pleno untuk rekapitulasi lima provinsi tersebut sudah terjadwal pada 18 Maret 2024.

“Tapi yang  jelas 18 Maret itu terjadwal di kami sisa provinsi lima provinsi, itu akan ada semua di Jakarta dan itu ya tentu semua dalam rangka pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara secara nasional.”

Pada Minggu malam (17/3), kata Mellaz, pihaknya akan menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 untuk Provinsi Papua Tengah.

“Sebagaimana jadwal yang ada di kami, malam ini rencananya pukul 20.30 rapat pleno terbuka akan dilanjutkan  untuk Papua Tengah,” tegasnya.

“Sedangkan sisa lima lainnya, kita sudah mendapatkan konfirmasi mulai besok akan datang ke Jakarta semua."

Baca Juga: Bahas Pilkada DKI Jakarta, Pengamat: Apakah Mas Anies akan 'Nganggur' untuk 5 Tahun ke Depan?

Bahkan menurut dia, sebagian komisioner KPU Maluku sudah berada di Jakarta untuk mengikuti uji kelayakan 10 calon anggota KPU Maluku.

“Kalau kita lihat perkembangannya sebagaimana update-update yang selalu juga kita lakukan, kami optimis bahwa tenggat waktu 20 Maret 2024 tentang penetapan hasil pemilu secara nasional akan  bisa kita penuhi,” beber Mellaz.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x