Kompas TV nasional politik

Pernyataan Anies soal Pergeseran Pembicaraan dari Pilpres ke Pilkada, Pengamat: Ada Benarnya

Kompas.tv - 17 Maret 2024, 20:21 WIB
pernyataan-anies-soal-pergeseran-pembicaraan-dari-pilpres-ke-pilkada-pengamat-ada-benarnya
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Kompas Petang, KompasTV, Minggu (17/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menanggapi pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswdan yang menyebut percakapan tentang pilkada merupakan upaya menggeser percakapan soal pilpres.

Menurut Burhanuddin, pernyataan Anies tersebut ada benarnya jika dilihat dari dari sudut formal.

“Dari sudut formal mungkin pernyataan Bung Anies ada benarnya,” kata dia dalam dialog Kompas Petang, KompasTV, Minggu (17/3/2024).

“Tetapi dari sudut pandang informal sebenarnya kita sudah bisa menebak apa yang akan diputuskan oleh KPU berdasarkan metode scientific yang sudah bertahun-tahun proved, terbukti,” tambahnya.

Baca Juga: Sekjen NasDem Sebut Sejumlah Nama yang Muncul untuk Pilkada DKI, Ida Fauziah hingga Okky Asokawati

Burhanuddin mengaku dapat memahami mengapa Anies menyampaikan pernyataan tersebut, yakni karena tahapan pilpres memang belum selesai.

“Tetapi lagi-lagi saya bisa mengerti mengapa Mas Anies mengatakan tahapan pilpres belum selesai, karena memang secara formal tanggal 20 Maret KPU baru mengambil keputusan siapa yang unggul berdasarkan pilpres tanggal 14 Februari.”

“Tahapan pilkada kita tahu bulan November bahkan ada potensi diajukan, jadi cepat atau lambat pembicaraan soal pilkada termasuk kontestasi di Jakarta itu akan kita alami,” tuturnya.

Sebelumnya, kepada wartawan, Anies menjawab pertanyaan tentang apakah dirinya akan kembali maju di Pilkada DKI Jakarta.

“Tidak. Tidak,” kata Anies, dikutip dari tayangan KompasTV.

“Jadi karena itu saya bilang ini pembicaraan tentang pilkada itu upaya menggeser tanpa sadar percakapan pilpres ini mau digeser ke percakapan pilkada,” tambahnya.

Anies berharap agar pembicaraan tentang pilpres jangan digeser ke pembicaraan tentang pilkada, dan dirinya masih berkonsentrasi pada pilpres.

Baca Juga: Debat Ketua KPU dan Saksi Anies-Muhaimin di Sulteng Terkait Tanda Tangan Petugas KPPS Terlihat Beda

“Jangan, kita ini masih berada di dalam pembicaraan tentang pilpres dan kita masih terus berusaha.”

“Jadi saya ingin sampaikan kepada semuanya bahwa saya akan terus konsntrasi dalam pilpres ini, bahkan kita nanti akan lihat hasilnya. Dari hasilnya kita akan tentukan angkah-langkah kita,” tambah Anies.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x