Kompas TV nasional rumah pemilu

6 Caleg Berpotensi Gagal Duduk di DPR RI dari Dapil Jakarta III: Riza Patria hingga Grace Natalie

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 04:00 WIB
6-caleg-berpotensi-gagal-duduk-di-dpr-ri-dari-dapil-jakarta-iii-riza-patria-hingga-grace-natalie
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri kegiatan vaksinasi booster Komunitas Motor, Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Jakarta Chapter, di Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/1/2022). (Sumber: Dok. Pemprov DKI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan rekapitulasi hasil Pileg DPR RI untuk daerah Pemilihan DKI Jakarta. 

Ada tiga daerah pemilihan (Dapil) di DKI Jakarta untuk memperebutkan 21 kursi DPR RI. 

Tiga Dapil tersebut Dapil DKI Jakarta I meliputi wilayah Jakarta Timur. DKI Jakarta II meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Luar Negeri, dan DKI Jakarta III meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat.

Dapil Jakarta III ini memperebutkan delapan kursi DPR RI. Ada sejumlah nama beken dan politikus kawakan yang kemungkinan besar gagal duduk di kursi senayan. 

Berikut daftar tokoh dan politisi berpeluang gagal menjadi anggota DPR RI di Pemilu 2024:

1. Ahmad Riza Patria

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merupakan Caleg dari Partai Gerindra. Ahmad Riza diperkirakan gagal duduk di DPR lantaran kalah suara dengan keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. 

Baca Juga: Caleg Nasdem Suara Terbanyak, Ratu Ngadu Bonu Wulla Mengundurkan Diri

Ahmad Riza yang mendapat nomor urut 1 memperoleh 45.998 suara. Sedangkan Rahayu Saraswati di nomor urut 2 mendapat 52.932 suara. 

Ahmad Riza gagal duduk di Senayan lantaran Partai Gerindra hanya mendapat satu kursi di Dapil DKI Jakarta III. 

Adapun suara Partai Gerindra di Dapil DKI Jakarta III yakni 227.034 suara atau berada di urutan enam suara partai terbanyak dari 18 partai peserta pemilu. 

Meski tak lolos ke DPR RI, Ahmad Riza sudah merasakan kursi DPR RI selama dua periode. Kemudian ia ditunjuk menjadi pendamping Anies di DKI Jakarta, menggantikan Sandiaga Uno yang maju dalam Pilpres 2019. 

Pada periode pertama, Ahmad Riza terpilih sebagai anggota DPR RI dari dapil Jawa Barat V. Periode kedua, terpilih dari dapil Jawa Barat III.

2. Ferdinand Hutahaean

Ferdinand Hutahaean merupakan Caleg dari PDI-Perjuangan. Mantan Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat ini kemungkinan gagal menjadi anggota dewan lantaran kalah saing dengan rekan separtai. 

Di Dapil DKI Jakarta III PDI-P berpeluang mendapat dua kursi DPR RI. Namun perolehan suara Ferdinand belum cukup untuk menduduki salah satu kursi tersebut. 

Baca Juga: Erwin Aksa soal "Jokowi Effect" di Pemilu 2024: Yang Naikkan Suara Golkar Itu Caleg

Ferdinand yang mendapat nomor urut 5, memperoleh suara 29.601. Sedangkan para seniornya, Charles Honoris dengan nomor urut 1 memperoleh 97.016 suara, kemudian Darmadi Durianto nomor urut 1, memperoleh 95.553 suara. 

Adapun hasil rekapitulasi nasional perolehan suara PDI-P di Dapil DKI Jakarta III yakni 386.980 suara. 

3. Grace Natalie

Grace Natalie merupakan Caleg DPR RI dari PSI. Wakil Ketua Dewan Pembina ini memperoleh suara tertinggi dari 144 Caleg yang bertarung di Dapil DKI Jakarta III. 

Caleg PSI nomor urut 1 ini memperoleh 193.556 suara. Namun tingginya perolehan suara Grace masih harus menunggu hasil suara PSI secara nasional.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x