Kompas TV nasional rumah pemilu

Gilang Dirga, Ayu Azhari hingga Waketum NasDem Jadi Caleg Gagal ke DPR dari Dapil DKI Jakarta I

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 06:00 WIB
gilang-dirga-ayu-azhari-hingga-waketum-nasdem-jadi-caleg-gagal-ke-dpr-dari-dapil-dki-jakarta-i
Gilang Dirga geram usai seorang netizen menghina istri dan keluarganya (Sumber: Instagram/Gilang Dirga)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan rekapitulasi hasil Pileg DPR RI untuk daerah Pemilihan DKI Jakarta. 

Ada tiga daerah pemilihan (Dapil) di DKI Jakarta untuk memperebutkan 21 kursi DPR RI. 

Tiga Dapil tersebut Dapil DKI Jakarta I meliputi wilayah Jakarta Timur. DKI Jakarta II meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Luar Negeri, dan DKI Jakarta 3 meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat.

Untuk Dapil Jakarta I memperebutkan enam kursi. Ada sejumlah nama beken dan politikus kawakan yang kemungkinan besar gagal duduk di kursi DPR RI.

Berikut daftar tokoh dan politisi yang gagal menjadi anggota DPR RI di Pemilu 2024:

1. Harry Basuki Tjahaja Purnama

Harry Basuki Tjahaja Purnama adalah adik mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul di Jakarta, Segini Hasil Rekapitulasi KPU

Pada Pileg DPR RI 2024, Harry hanya mampu mengoleksi 23.559 suara, terendah ketiga di antara 6 caleg PDI-P pada dapil itu.

2. Ahmad Ali 

Ahmad Ali adalah Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem. Dalam kancah Pilpres 2024, ia ditunjuk sebagai Pelatih Kepala/Head Coach Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin). 

Ali mendapat 56.364 suara di dapil Jakarta I. Namun partainya tidak mendapat jatah kursi dari Dapil DKI Jakarta 1. Nasdem berada diposisi delapan dengan perolehan 108.773 suara.

3. Gilang Dirga

Gilang Dirga adalah Caleg dari PPP. Aktor dan pelawak ini hanya mampu mengumpulkan 4.813 suara. Di Dapil DKI Jakarta I, PPP berada diposisi 10 dengan perolehan79.673 suara. Di atas PPP ada Partai Demokrat dengan perolehan 99.383 suara. 

Baca Juga: Caleg DPR RI Partai NasDem dari Dapil NTT II Mengundurkan Diri

4. Ayu Azhari

Pemeran sekaligus model yang kerap menghiasi layar televisi 1990-an, Ayu Azhari belum beruntung di Pemilu 2024. Ia hanya memperoleh 9.911 suara dan masuk Caleg PAN dengan suara ketiga terbanyak. 

Caleg PAN yang masuk ke DPR dari Dapil DKI Jakarta 1 yakni Eko Hendro Purnomo atau akrab disapa Eko "Patrio" yang sukses mengantongi 93.673 suara. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x