Kompas TV nasional humaniora

Presiden Jokowi Sambut Ramadan 1445 H: Selain Tahan Lapar dan Dahaga, Puasa Bersihkan Hati dan Jiwa

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 02:50 WIB
presiden-jokowi-sambut-ramadan-1445-h-selain-tahan-lapar-dan-dahaga-puasa-bersihkan-hati-dan-jiwa
Presiden Jokowi berpidato di kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil sidang Isbat pemerintah menetapkan bahwa awal Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Melalui media sosial Instagram resmi, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat menyambut Ramadan dan ibadah puasa bagi umat Islam di Tanah Air. 

Presiden Jokowi menilai, selain menahan lapar dan dahaga, puasa merupakan kesempatan untuk membersihkan hati dan jiwa. 

Presiden juga berharap Ramadan tahun ini membawa kesucian dan kedamaian untuk seluruh masyarakat di Tanah Air. 

"Selamat menyambut ibadah puasa. Marhaban ya Ramadan. Selain menahan lapar dan dahaga, puasa merupakan kesempatan untuk membersihkan hati dan jiwa. Semoga bulan Ramadan membawa kesucian dan kedamaian untuk kita semua," tulis Jokowi dalam Instagram resminya, Senin (11/3/2024). 

Baca Juga: Awali Ramadan, Ratusan Muslim New York Salat Tarawih di Times Square, Doakan Warga Palestina di Gaza

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa Ramadhan jatuh pada Selasa (12/3/2024). 

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, penetapan awal Ramadhan 2024 diputuskan secara bersama dalam sidang Isbat, Minggu (10/3/2024). 

Pelaksanaan sidang isbat melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam. 

Sidang ini juga melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Komisi VIII DPR RI.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x