Kompas TV nasional humaniora

Catat Tanggalnya, Puncak Arus Balik Libur Lebaran Diprediksi 15 April 2024

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 23:03 WIB
catat-tanggalnya-puncak-arus-balik-libur-lebaran-diprediksi-15-april-2024
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali. (Sumber: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korlantas Polri memperdiksi puncak arus mudik terjadi pada tanggal 5 April 2024. Sedangkan puncak arus balik diprediksi jatuh pada 15 April 2024. 

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso mengimbau masyarakat mengantisipasi tanggal puncak arus mudik dan arus balik untuk menghindari kemacetan.

Tak hanya itu, adanya prediksi tanggal puncak arus mudik dan balik, masyarakat bisa memperkirakan jadwal keberangkatan dan kepulangan dengan waktu libur atau cuti kantor. 

"Puncak mudik itu sekitar tanggal 5 ya antara tanggal 5 (April) dan puncak baliknya tanggal 15 (April) itu kita prediksinya seperti itu," ujarnya, Rabu (6/3/2024) dikutip dari Kompas.com

Raden menamahkan untuk dalam arus mudik dan balik lebaran 2024 ini Polri telah menyiapkan posko kesehatan di setiap Pos Pengamanan yang ada di tempat isirahat atau rest area di jalur mudik.

Baca Juga: Pendaftaran Mudik Gratis 2024 oleh PT Jasa Raharja Tujuan Pulau Jawa dan Sumatera Telah Dibuka

Ia juga mengimbau para pemudik untuk mengecek kesehatan sebelum berangkat, mengecek kondisi kendaraan dan tetap berhati-hati guna menghindari kecelakaaan atau pelanggaran.

"Kita juga mengadakan patroli panduan, patroli panduan itu patroli panduan kecepatan, maupun patroli panduan untuk supaya tidak mengantuk dari para pemudik-pemudik tadi," ujar Raden. 

Peningkatan Pemudik 

Jumlah pemudik periode Lebaran 2024 atau hari raya Idulfitri 1445 Hijriah diprediksi akan melebihi tahun lalu. 

Menurut perhitungan Korlantas Polri, jumlah pemudik di seluruh Indonesia pada Lebaran 2024 diperkirakan akan naik menjadi 136,7 juta orang. Pada Lebaran 2023, total warga yang mudik mencapai 123 juta.

Baca Juga: Mudik Gratis 2024 Bus Ditjen Hubdat Kemenhub Dibuka Hari Ini Jam 12.00 WIB, Ini Link Pendaftarannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x