Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Arus Mudik Lebaran 2024, Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 15:20 WIB
dukung-arus-mudik-lebaran-2024-tol-solo-yogyakarta-dibuka-fungsional
PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat sebanyak 55.466 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Segmen Kartasura s.d Karanganom sepanjang 13 KM. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

KLATEN, KOMPAS.TV - Sejumlah ruas jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung arus mudik Lebaran 2024.

Nantinya, ruas yang akan difungsionalkan selama arus mudik Lebaran 2024 adalah bagian dari pekerjaan Tahap I yakni segmen Kartasura-Klaten.

Untuk persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Kepolisian Resor (Polres) Klaten pun melakukan pengecekan jalan Tol Solo-Yogyakarta di exit tol Ceper dan Ngawen pada Kamis (29/2/2024).

Pengecekan dipimpin langsung Kapolres Klaten AKBP Warseno yang didampingi sejumlah perwira di lingkungan Polres Klaten.

Warseno mengatakan pengecekan dilakukan guna memastikan kesiapan jalur tersebut untuk dilintasi selama arus mudik Lebaran 2024.

"Kita ingin memastikan jalur yang akan digunakan dalam arus mudik sudah siap dan aman dilintasi," kata Warseno, Kamis, dikutip dari Kompas.com.

Pengecekan jalur untuk fungsional mudik, lanjut Warsono, sekaligus sebagai langkah awal kepolisian guna mengantisipasi kepadatan kendaraan saat jalur tersebut digunakan.

"Jadi kita bisa mengantisipasi lebih awal terkait prediksi kepadatan dan juga pengalihan arusnya," ucapnya.

Baca Juga: Tahun Ini, Mudik Lewat Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Bisa Keluar di Ngawen Klaten

Hingga saat ini, pengerjaan jalan Tol Solo-Yogyakarta masih dilakukan. Berdasarkan pantauan, kata Warseno, pembangunan exit tol Ngawen masih sekitar 54 persen dan exit tol Ceper 90 persen.

"Sampai saat ini masih dalam proses pengerjaan. Pekerjaan akan dikebut hingga nantinya bisa digunakan pada arus mudik maupun balik," tutur Warseno.

Sebelumnya, Muhammad Ahdal Masruhin, pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, mengungkapkan ada penambahan panjang ruas jalan fungsional selama periode Lebaran 2024 dibandingkan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024. 

Rencananya, para pemudik dari Solo setidaknya akan bisa keluar di Kecamatan Ngawen, Klaten.

"Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Natal dan Tahun Baru kemarin. Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta lebih besar dibanding pada saat Natal dan Tahun Baru kemarin," kata Ahdal, seperti dilansir laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (28/02/2024).

Ahdal menyebut arus lalu lintas yang akan diberlakukan yaitu satu arah dengan menggunakan satu jalur, baik dari Solo ke Yogya maupun sebaliknya.

Jenis kendaraan yang diizinkan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogya tetap sama seperti sebelumnya, terbatas pada golongan 1, yaitu kendaraan roda 4 non-bus dan non-truk. 

Baca Juga: Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta Resmi Dioperasikan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x