Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG: Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi hingga 8 Maret 2024

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 15:21 WIB
peringatan-dini-bmkg-cuaca-ekstrem-masih-berpotensi-terjadi-hingga-8-maret-2024
Ilustrasi hujan dan angin kencang. BMKG memberikan peringatan dini terkait masih adanya potensi cuaca ekstrem hingga 8 Maret 2024. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang masih akan terjadi hingga 8 Maret 2024.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia sudah terlewati. 

"Meskipun demikian, sebagian wilayah Sumatra bagian selatan dan Pulau Jawa masih berada dalam puncak musim hujan di Bulan Februari, sehingga peningkatan curah hujan pada wilayah-wilayah tersebut masih berpotensi terjadi," kata Guswanto dalam pernyataan tertulis, Kamis (29/2/2024).

BMKG mengungkapkan, hujan dengan intensitas ringan hingga ekstrem terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia berdasarkan pengamatan sejak tanggal 24 hingga 29 Februari 2024. 

"Intensitas curah hujan pada kategori ekstrem terjadi di wilayah DKI Jakarta (Kelapa Gading), sedangkan hujan dengan intensitas sangat lebat terjadi di Kalimantan Tengah (Barito Utara),  Sulawesi Tenggara (Kendari), dan Papua Tengah (Timika)," tutur Guswanto.

Cuaca Ekstrem Akibatkan Banjir di Jakarta

Guswanto mengatakan, khusus wilayah Jabodetabek, peningkatan curah hujan terpantau sejak tanggal 27 Februari 2024.

Intensitas curah hujan pada kategori ekstrem mencapai 157,4 mm/hari di Kelapa Gading pada tanggal 28 Februari 2024, disusul dengan hujan kategori sangat lebat di wilayah Tanjung Priok, Pulo Gadung, dan Sunter Timur pada tanggal yang sama. 

Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya banjir di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada Kamis pagi.

"Data dari BPBD DKI Jakarta menyebutkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir, yaitu di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dengan ketinggian 10 - 25 cm serta di Jakarta Barat setinggi 30 cm pada tanggal 28 dan 29 Februari 2024," kata Guswanto.

Baca Juga: Resmi, BMKG Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Angin Puting Beliung Maret hingga April 2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x