Kompas TV nasional hukum

Kamtibmas Usai Pilpres Masih Terjaga, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu untuk Visi Indonesia Emas

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 14:25 WIB
kamtibmas-usai-pilpres-masih-terjaga-kapolri-ajak-masyarakat-bersatu-untuk-visi-indonesia-emas
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberi keterangan terkait Rapat Pimpinan Polri 2024, Kamis (29/2/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Situasi pasca-Pilpres 2024 masih tergolong aman terkendali meski adanya unjuk rasa terkait hasil perolehan sementara di KPU (Komisi Pemilhan Umum)  dan dugaan kecurangan.

Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pasca-Pilpres 2024 ini menjadi bahan evaluasi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat memimpin Rapat Pimpinan Polri 2024, Kamis (29/2/2024).

Kapolri menjelaskan dalam evaluasi Rapim, situasi Kamtibmas usai pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2024 dalam keadaan terkendali, meskipun di media sosial ramai unggahan mengenai unjuk rasa. 

"Berbagai dinamika yang ada, kami terus bisa mengelola memang ramai di media sosial dan juga mungkin ada yang turun di lapangan terkait dengan hasil. Namun demikian, semuanya dalam kondisi yang terkendali terukur," ujar Listyo di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024).

Listyo juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi kondusif ini dengan menerima hasil Pilpres. 

Baca Juga: Kapolri Persilakan Warga Demo di Jalan jika Tak Puas Hasil Pemilu: tapi Jangan Anarkis

Menurutnya walaupun berbeda pilihan, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap menjadi yang utama.

Pesatuan dan kesatuan bangsa merupakan modal utama stabilitas keamanan yang menjadi prasyarat menuju visi Indonesia Emas 2045.

Listyo menilai perhitungan Indonesia akan menjadi negara maju sudah ada dan saat ini perhitungan tersebut sudah dijalankan dengan baik.

Apalagi saat ini Indonesia mampu bertahan di tengah ancaman resesi yang melanda negara-negara lain di dunia termasuk negara maju.

Tentunya, sambung Lityo, hal ini juga menjadi modal awal untuk mewujudkan Indonesia negara maju dan menuju Indonesia Emas 2045. 

Baca Juga: Usai Reses NasDem Siap Tancap Gas Usulkan Hak Angket Dugaan Kecurangan Pilpres di DPR

"Kita jangan larut karena adanya perbedaan yang kemudian bisa membuat polarisasi, namun bagaimana kita kembali bersatu, kita kembali lakukan rekonsiliasi," ujar Listyo

"Bagaimana kemudian pertumbuhan ekonomi yang sudah ada betul-betul bisa dipertahankan, tentunya tugas Polri untuk mengawali. Karena sulit, tidak mudah, namun kita yakin kalau semua bisa bersatu, seluruh stakeholder, dengan seluruh masyarakat yang lain, kita jaga jangan sampai terjadi polarisasi, kita yakin pencapaian ini bisa tercapai pada waktunya," pungkasnya.  


 

 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x