Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Disebut Hilang Kontak, Pengacara Bantah: Saya Komunikasi Setiap Hari dengan Beliau

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 10:06 WIB
firli-bahuri-disebut-hilang-kontak-pengacara-bantah-saya-komunikasi-setiap-hari-dengan-beliau
Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan SYL di Bareskrim Polri, Jumat (19/1/2024). Pengacara mantan Ketua KPK, Firli Bahuri, Ian Iskandar membantah isu kliennya hilang kontak usai kembali absen dari panggilan polisi. (Sumber: KOMPAS TV/IKSAN APRIANSYAH)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara mantan Ketua KPK, Firli Bahuri, Ian Iskandar membantah isu kliennya hilang kontak usai kembali absen dari panggilan polisi untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Ian mengaku hingga saat ini masih intens berkomunikasi dengan Firli Bahuri.

"Saya komunikasi tiap hari dengan beliau (Firli)," kata Ian, dalam keterangannya, Kamis  (29/2/2024).

Terkait panggilan polisi, ia mengaku pihaknya telah mengajukan permohonan penundaan pemeriksaan dalam kasus dugaan pemerasan tersebut.

"Hari Senin tanggal 26 Februari kemarin ada panggilan dari penyidik Polda tapi kita sudah buat surat permohonan penundaan untuk dijadwalkan ulang ke penyidik," jelasnya, dikutip dari Tribunnews.

Meski demikian, ia tak menjelaskan alasan kliennya tidak dapat menghadiri pemeriksaan pada Senin (26/2) lalu.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Filri Bahuri sejatinya diperiksa penyidik gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya sebagai tersangka terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL pada Senin (26/2).

Baca Juga: Lengkapi Berkas Firli, Polda Metro Pastikan Tak Ada Kendala, Sebut Segera Dikirim Lagi ke Kejati DKI

Pada Senin pagi, Kuasa hukum Firli Ian Iskandar menyebut kliennya telah berada di Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan.

"Sudah (datang di Bareskrim Polri). (Sedang) diperiksa," kata Ian dalam keterangannya, Senin.

Namun pernyataan Ian tersebut dibantah oleh Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa. Ia menyebut Firli Bahuri menghadiri pemeriksaan.

"(Firli Bahuri) enggak hadir," kata Arief, dalam pesan singkat, Senin.

Sementara itu, Fahri Bachmid yang juga sempat ditunjuk sebagai pengacara saat akan melayangkan gugatan praperadilan kedua Filri,mengaku sudah hilang kontak dengan Firli beberapa minggu terakhir.

“Saya sampai saat ini masih lost contact dengan Pak Firli. Sudah beberapa minggu, jadi belum update perkembangannya,” kata Fahri, Selasa (27/2).

Akibat hilang kontak itu, Fahri mengaku tidak mengetahui secara pasti ihwal rencana pemeriksaan penyidik terkait kasus dugaan pemerasan kepada SYL.

“Jadi perkembangan terkini itu saya enggak tahu. Saya juga tidak tahu kalau ada pemeriksaan kemarin. Saya masih lost contact,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Bantah Kuasa Hukum, Bareskrim Sebut Firli Bahuri Tak Hadiri Pemeriksaan Kasus Pemerasan Hari Ini


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.