Kompas TV nasional politik

Soal Jenderal Kehormatan Prabowo, TB Hasanuddin: Keppres Itu Tidak Sesuai Perundang-undangan

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 18:16 WIB
soal-jenderal-kehormatan-prabowo-tb-hasanuddin-keppres-itu-tidak-sesuai-perundang-undangan
TB Hasanuddin (kiri) berpendapat Keppres tentang pemberian pangkat Jenderal Kehormatan untuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tidak sesuai perundang-undangan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Keputusan Presiden (Keppres) RI Joko Widodo (Jokowi) tentang pemberian pangkat Jenderal Kehormatan untuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tidak sesuai perundang-undangan.

Pendapat itu disampaikan oleh anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, TB Hasanuddin, dalam dialog Kompas Petang, Rabu (28/2/2024).

“Menurut hemat saya, Keppres itu, kan pasti pakai Keppres, itu tidak sesuai dengan perundang-undangan,” ucapnya menjawab pertanyaan host.

“Niatnya mungkin baik dan bagus. Oke, saya menaruh rasa hormat. Tetapi menempatkannya tidak pas.”

Jika presiden  ingin memberikan tanda penghormatan, lanjut dia, sebaiknya memilih tanda kehormatan yang sesuai dengan undang-undang.

Baca Juga: Respons Hasto PDIP soal Jokowi Beri Gelar Jenderal Kehormatan ke Prabowo

“Pilihlah seuai dengan pasal-pasal yang ada di Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009,” kata politikus PDIP itu

Saat ditanya, jika tidak sesuai dengan perundang-undangan, apakah penghargaan yang disematkan Presiden Jokowi ke Pabowo tidak sah, ia hanya menyebut biar publik yang menilai.

“Itu biar publik yang menilai,” ucapnya.

“Tapi, kalau saya ditanya bahwa aturan itu, Keppres itu tidak sesuai dengan khususnya Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 dan tidak sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2009.”

TB Hasanuddin pun menjelaskan bahwa dirinya turut serta dalam pembentukan kedua undang-undang tersebut.

“Mohon maaf, kebetulan saya waktu masih dinas dua undang-undang itu adalah saya menjadi pembentuknya, salah satu dari pemerintah.”

Sebelumnya, Kompas.TV memberitakan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi menerima pangkat Jenderal Kehormatan dari Mabes TNI, Rabu (28/2/2024).

Pemberian pangkat Jenderal TNI (HOR) kepada Prabowo ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Baca Juga: Soal Peranan Jokowi di Kabinet Prabowo-Gibran, TKN: Kewenangan Presiden Terpilih

"Pada kesempatan yang baik ini, berbahagia ini, saya ingin menyampaikan penganugerahan kenaikan pangkat secara istimewa berupa jenderal TNI kehormatan kepada Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi saat menyampaikan arahan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri, Rabu.


Jokowi menyebut penganugerahaan pangkat Jenderal Kehormatan tersebut merupakan bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, bangsa, dan negara.

"Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x