Kompas TV nasional politik

Jokowi Gelar Sidang Kabinet Hari Ini, Bahas Makan Siang Gratis?

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 10:38 WIB
jokowi-gelar-sidang-kabinet-hari-ini-bahas-makan-siang-gratis
Presiden Jokowi pada Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA RI Tahun 2023, di JCC, Jakarta, Selasa (20/02/2024). Jokowi dengan para menterinya menggelar sidang kabinet paripurna untuk membahas salah satunya persiapan jelang Ramadan dan Idulfitri 1445 H di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Senin (26/2/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna bersama para menterinya di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024) hari ini. Sidang kabinet paripurna ini sedianya akan membahas berbagai hal, khususnya terkait persiapan jelang Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Jokowi sendiri menyampaikan bahwa ia akan meminta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju agar memastikan stabilitas harga pangan jelang Ramadan. Sang presiden pun meminta kesiapan infrastruktur jelang mudik Ramadan 2024 disiapkan.

Baca Juga: Kalkulasi TKN Prabowo-Gibran untuk Program Makan Siang dan Susu Gratis di Tahun Pertama hingga 2029

"Saya minta seluruh K/L (kementerian/lembaga)yg kedua cek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yg akan digunakan mudik masyarakat. saya kira ini tiap tahun kita persiapan krn ini event tahunan yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan kusyuk. Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok. Dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jarlinsos," kata Jokowi dikutip laporan jurnalis KompasTV, Senin (26/2).

"Yang kedua cek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik masyarakat. Saya kira ini tiap tahun kita persiapan karena ini event tahunan," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan bahwa pihaknya akan mendiskusikan program makan siang gratis dalam rapat kabinet, Senin (26/2). Program ini termasuk dalam  Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

“Anggarannya ada bertahap, nanti hari Senin kita lihat. Ada skalanya,” kata Airlangga, Jumat (23/2).

Seperti diketahui, program makan siang gratis merupakan salah satu program yangdiusung oleh paslon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selama kampanye Pilpres 2024. Menurut Airlangga, sejauh ini program tersebut baru dibahas sebagai bagian dari KEM-PPKF 2025.

“Kita baru bahas judulnya, PPKF. (Program makan siang gratis) sudah pasti masuk," kata Airlangga dikutip Antara.

Baca Juga: Diundang Makan Malam, Ini yang Dibahas Surya Paloh dengan Presiden Jokowi di Istana


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x