Kompas TV nasional hukum

Soal 16 Tahanan Kabur, Pengamat: Penjaga Tahanan Harus Punya Kredibilitas, Jangan Asal Comot

Kompas.tv - 25 Februari 2024, 14:39 WIB
soal-16-tahanan-kabur-pengamat-penjaga-tahanan-harus-punya-kredibilitas-jangan-asal-comot
Delapan tahanan yang kabur dari sel Polsek Tanah Abang saat dihadirkan dalam jumpa pers di markas Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024). (Sumber: KOMPAS.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto memberikan sorotan tajam terhadap insiden belasan tahanan kabaur dari sel Polsek Tanah Abang.

Bambang mengungkapkan sejumlah faktor kaburnya belasan tahanan tersebut dapat kabur, salah satunya ia menilai Sumber Daya Manusia yang menjaga bukan profesional penjaga tahanan.

"Penjaga tahanan itu harus punya kredibilitas, bukan dicomot dari anggota kepolisian asal-asalan,” kata Bambang dalam keterangannya, Minggu (25/2/2024).

Selain itu, faktor lainnya yakni ruang tahanan yang menurutnya sudah tidak layak. Hal itu dilihatnya dari sisi rasio luas ruangan dengan jumlah tahanan.

Kemudian desain bangunan juga tidak memenuhi standart Crime Prevention Through Environmental Design.

Ia mengatakan, tahanan kepolisian merupakan bagian tanggung jawab dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) yang memiliki tugas mengelola barang bukti serta mempunyai manajemen yang spesifik. 

“Selama ini direktorat ini seperti ‘tempat pinggiran’ personel yang tidak berprestasi,” ujarnya, dikutip dari Kompas.id.

Tahanan kepolisian, lanjut Bambang, merupakan bagian tanggung jawab dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) yang memiliki tugas mengelola tahanan dan barang bukti, serta memiliki manajemen yang spesifik.

Namun selama ini, menurutnya, direktorat tersebut hanya seperti tempat personel yang tidak berprestasi.

Bambang juga melihat permasalahan tahanan dan barang bukti (tahti) di polsek tidak dikelola secara khusus.

Ia menilai, tidak ada yang bisa dimintai pertanggung jawaban secara penuh bila ada insiden kaburnya tahanan serta hilangnya barang bukti.

Baca Juga: Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang Dicopot usai Insiden Belasan Tahanan Kabur dari Sel



Sumber : Kompas TV/Kompas.id.

BERITA LAINNYA



Close Ads x