Kompas TV nasional rumah pemilu

Adian Yakin Kecurangan Pilpres akan Terbongkar Lewat Hak Angket karena di DPR Enggak Ada Paman

Kompas.tv - 24 Februari 2024, 05:36 WIB
adian-yakin-kecurangan-pilpres-akan-terbongkar-lewat-hak-angket-karena-di-dpr-enggak-ada-paman
Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Adian Napitupulu. (Sumber: ANTARA/Linna Susanti)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus PDI Perjuangan atau PDIP, Adian Napitupulu meyakini dugaan kecurangan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan terbongkar melalui hak angket yang akan digulirkan di Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR.

Sebab, kata Adian --sambil menyindir--, di DPR tidak ada sosok paman yang bisa menghalangi proses pengungkapan kecurangan pemilu melalui hak angket.

Adapun sosok paman yang dimaksud Adian diduga mengarah bekas Ketua Makhamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang diketahui merupakan paman dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: PDIP Tegaskan Bakal Gulirkan Hak Angket: Ini Langkah Penting untuk Mengungkap Kecurangan Pemilu

“Yang ingin kita lakukan adalah membongkar seluruh permainan di belakang ini,” kata Adian saat ditemui di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

“Di mana prosesnya, yang bisa kita harapkan di hak angket, karena di situ (DPR) enggak ada pamannya," katanya. 

Adian lantas mengatakan bahwa seluruh partai politik pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yakni PDIP dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berada di parlemen akan mendukung gagasan hak angket.

Adian menegaskan, PDIP solid menggulirkan hak angket. Walaupun, kata dia, pihak yang baru berbicara mengenai hal tersebut adalah Ganjar Pranowo dan dirinya.

Meskipun tidak menduduki jabatan strategis di Fraksi PDIP, namun Adian menuturkan ada Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Fraksi Utut Adianto hingga Sekretaris Fraksi Bambang Wuryanto.

Baca Juga: Bawaslu Persilakan DPR Gulirkan Hak Angket Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

"Tapi, di DPP ada sekjen dan segala macam. Jadi, menurut saya, itu sudah enggak perlu dipersoalkan. Kita kompak, solid," ujar Adian dikutip dari Kompas.com.

Menurut dia, sikap partainya terhadap hak angket juga sudah terwakili oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x