Kompas TV nasional politik

Cerita Andi Mallarangeng saat AHY Masuk Kabinet, Selasa Ditelepon Besoknya Pelantikan

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 06:20 WIB
cerita-andi-mallarangeng-saat-ahy-masuk-kabinet-selasa-ditelepon-besoknya-pelantikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menceritakan proses masuknya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Kabinet Indonesia Maju saat ini.

Andi menjelaskan, tidak ada komunikasi politik ataupun negosiasi agar Demokrat masuk ke pemerintah, baik dilakukan oleh AHY maupun Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono kepada Jokowi. 

Masuknya AHY ke kabinet berawal dari telepon Istana Negara untuk bertemu Presiden Jokowi. AHY datang ke Istana pada Selasa pagi (20/2/2024).

Di pertemuan itu AHY diberikan tawaran dan jika diterima AHY akan dilantik pada Rabu (21/2/2024). 

Andi menjelaskan, dalam pertemuan itu AHY meminta waktu bertemu dengan Menhan Prabowo Subianto sekaligus Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto untuk meminta masukan. 

Hal ini dilakukan AHY karena Prabowo merupakan pimpinan dari Koalisi Indonesia Maju.

Selanjutnya dalam pertemuan tersebut Prabowo mendorong dan merekomendasikan agar AHY untuk bergabung ke pemerintah.

Baca Juga: AHY jadi Menteri ATR, Demokrat Takluk Poliitk Akomodasi Jokowi?

"Jadi enggak ada deal-deal-annya. Karena Mas AHY juga tidak tahu dipanggil ke Istana, Selasa pagi bertemu kita diberikan tawaran, kemudian katanya mau dilantik besoknya. Tapi Mas AHY minta ketemu dulu dengan Pak Prabowo dan Pak Prabowo justru mendorong untuk masuk, itulah yang terjadi," ujar Andi di program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (22/2/2024).

Lebih lanjut Andi tidak memungkiri ada peran Prabowo dalam proses bergabung Partai Demokrat di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Peran Prabowo yakni mendorong AHY bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x