Kompas TV nasional peristiwa

23 Februari 101 Tahun Silam, Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 04:00 WIB
23-februari-101-tahun-silam-pendiri-muhammadiyah-kh-ahmad-dahlan-meninggal-dunia
Pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, bersama para santrinya. (Sumber: Muhammadiyah.co.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 23 Februari tahun ini, genap 101 tahun sejak pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, meninggal dunia.

Dia meninggal dalam usia 54 tahun pada 23 Februari 1923. Lelaki yang bernama lengkap Muhammad Darwis itu dilahirkan di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 dan dimakamkan di kota yang sama.

Ahmad Dahlan adalah putra keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar, seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu.

Ibunya adalah putri dari H. Ibrahim yang juga menjabat sebagai penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kyai Dahlan juga dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Baca Juga: Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik Jadi Tempat Favorit Para Musafir Singgah, Ini Alasannya...

Dikutip dari laman Muhammadiyah, Kyai Ahmad Dahlan adalah pegawai kesultanan Kraton Yogyakarta. Ia seorang khatib dan pedagang.

"Melihat keadaan ummat Islam pada waktu itu dalam keadaan jumud, beku dan penuh dengan amalan-amalan yang bersifat mistik, beliau tergerak hatinya untuk mengajak mereka kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya berdasarkan Qur'an dan hadis. Oleh karena itu, beliau memberikan pengertian keagamaan di rumahnya di tengah kesibukannya sebagai khatib dan para pedagang," tulis laman Muhammadiyah.


Mula-mula, ajaran Ahmad Dahlan ditolak. Namun berkat ketekunan dan kesabarannya, akhirnya mendapat sambutan dari keluarga dan teman dekatnya.

Profesinya sebagai pedagang sangat mendukung upayanya, sehingga dalam waktu singkat, ajakannya menyebar ke luar kampung Kauman bahkan sampai ke luar daerah dan ke luar pulau Jawa.

Untuk mengorganisir kegiatan tersebut, didirikanlah Persyarikatan Muhammadiyah di Kauman, Yogyakarta pada 18 November 1912 (8 Dzulhijjah 1330 Hijriyah). 

Baca Juga: Puasa Ramadan 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Menurut Muhammadiyah dan Pemerintah

Organisasi Muhammadiyah yang didirikannya, kini berkembang menjadi salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia bahkan dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x