Kompas TV nasional politik

Sisa Jabatan Menko Polhukam 8 Bulan, Hadi Tjahjanto: Agenda Utama Jaga Kondisi Aman dan Tenteram

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 11:54 WIB
sisa-jabatan-menko-polhukam-8-bulan-hadi-tjahjanto-agenda-utama-jaga-kondisi-aman-dan-tenteram
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (22/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hadi Tjahjanto mengungkapkan agenda utamanya selama mengemban jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang tersisa delapan bulan.

Ia mengatakan bahwa agenda utama tersebut berkaitan dengan situasi pascapemilu hingga pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

“Agenda utama dalam delapan bulan ini adalah menjaga kondisi aman dan tentram. Mulai dari nanti pengumuman hasil pemilu sampai dengan di ujungnya adalah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih,” kata Hadi di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: Dikunjungi Hadi Tjahjanto, Ketua PBNU Gus Yahya: Ini Menko yang Nggak Mengko-Mengko

Hadi mengungkapkan bahwa ia sudah bertemu dengan Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk mengetahui kondisi dan situasi masyarakat pascapemilu.

Kedua jenderal tersebut menyebut bahwa masyarakat dalam situasi yang kondusif dan aman. Hadi berkomitmen untuk menjaga situasi ini hingga akhir masa jabatannya.

Hadi juga berencana untuk menemui eks Menko Polhukam Mahfud MD dan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama lain.

Dalam kunjungannya ke Kantor PBNU, Hadi disambut oleh Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf. Keduanya juga berbincang mengenai situasi pascapemilu.

Ia menyebut, PBNU sebagai organisasi kemasyarakatan yang besar memiliki peran untuk membantu menjaga kondisi di masyarakat.

“Saya tadi banyak bicara dengan Gus Yahya terkait dengan kondisi saat ini. Beliau sangat setuju sehingga seluruh proses pembangunan yang berjalan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” ucap Hadi.

Baca Juga: AHY Ingin Temui Airlangga, Kapolri dan Jaksa Agung: Tidak Semua Bisa Selesai oleh Kementerian ATR

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024) kemarin.


Usai dilantik, Hadi langsung melakukan serah terima jabatan dari Plt Menko Polhukam Tito Karnavian.

Adapun jabatan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang dulu dijabat Hadi, kini diemban oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x