Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Dikabarkan Lantik Menteri Baru Hari Ini, Berikut Daftar Menteri yang Diangkat pada Rabu Pon

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 05:15 WIB
jokowi-dikabarkan-lantik-menteri-baru-hari-ini-berikut-daftar-menteri-yang-diangkat-pada-rabu-pon
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi seusai meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Panglima Besar Soedirman, Senin (19/2/2024). Jokowi disebut-sebut akan melantik dua menteri baru di posisi Menkopolhukam dan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala BPN pada hari ini, Rabu (21/2) atau tetap Rabu Pon. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan melakukan pelantikan dan pengangkatan menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju. 

Agendanya pelantikan dan pengangkatan menteri dilaksanakan di Istana Negara pada hari ini, Rabu (21/2/2024). Dalam Pasaran Jawa atau tanggalan Jawa, Rabu hari ini jatuh pada 11 Pon Ruwah 1957. 

Menteri yang diganti dan diangkat yakni di posisi Menkopolhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

Saat ini Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional dijabat oleh Hadi Tjahjanto.

Sedangkan Menkopolhukam posisi yang ditinggalkan Mahfud MD dijabat oleh Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkopolhukam. 

Baca Juga: Andi Arief soal AHY Dikabarkan Jadi Menteri ATR/BPN: Kalau Negara Meminta, Pasti Siap

Selain itu, di hari yang sama akan ada pengucapan sumpah atau janji anggota Komisi Kejaksaan dihadapan Presiden di Istana Negara.

Beredar kabar ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang akan masuk Kabinet Indonesia Maju. 

Terkait nama AHY, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana tidak bisa memberi konfirmasi lebih jauh. 

Ari memilih untuk melihatnya langsung siapa yang akan ditunjuk Presiden Jokowi saat pelantikan dan pengangkatan menteri Rabu besok.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok (hari ini) ya," ujar Ari saat dikonfirmasi, Selasa (20/2).  

Baca Juga: Kata Jokowi soal Isu Reshuffle Menteri dan AHY Masuk Kabinet

Reshuffle di Rabu Pon

Dalam beberapa kesempatan Jokowi memilih hari Rabu untuk melakukan perombakan kabinet, dan terkadang jatuh pada pasaran Jawa Rabu Pon.

Saat pengumuman jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi memilih hari Rabu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2019.

Berikut menteri di Kabinet Indonesia Maju dan Kabinet Kerja yang diangkat Presiden Jokowi pada hari Rabu dan Rabu Pon. 

Kabinet Kerja 

1. Darmin Nasution, diangkat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Darmin mulai dilantik pada Rabu (12/10/2015). Pasaran Jawa jatuh pada Rabu Pon. 

Baca Juga: Reaksi Mahfud soal Kabar Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam

2. Luhut Binsar Pandjaitan, diangkat menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber daya, menggantikan Rizal Ramli. Luhut mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon. 

3. Wiranto, diangkat menjadi Menko Polhukam menggantikan Luhut Bisar. Sama seperti Luhut, Wiranto mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.

4. Sri Mulyani, diangkat menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Sama seperti Luhut dan Wiranto, Sri Mulyani mulai menjabat pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.

5. Arcandra Tahar, diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengantikan Sudirman Said. Arcandra dilantik bareng Wiranto, Luhut dan Sri Mulyani pada Rabu (27/7/2016) yang jatuh pada Rabu Pon.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x