Kompas TV nasional humaniora

BSI Siapkan Layanan Khusus Pelunasan Biaya Haji yang Dibuka sampai 23 Februari 2024

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 22:45 WIB
bsi-siapkan-layanan-khusus-pelunasan-biaya-haji-yang-dibuka-sampai-23-februari-2024
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan layanan khusus untuk masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah haji 2024. (Sumber: BSI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan layanan khusus untuk masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah haji 2024. 

Berdasarkan data Kementerian Agama RI, jumlah masyarakat Indonesia yang akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 241.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 83% diestimasikan merupakan calon haji reguler nasabah BSI.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, bahwa melihat data tahun lalu, 81% calon jemaah haji di Tanah Air dilayani oleh BSI.

"Hal ini menjadi tantangan dan dorongan bagi kami untuk terus upgrade layanan haji agar calon jemaah haji merasa aman dan nyaman. Dengan jumlah nasabah yang semakin masif, tahun ini kami juga mempersiapkan layanan pendaftaran dan pelunasan haji yang bisa dimanfaatkan oleh calon jamaah,” kata Anton seperti dalam keterangan resminya, Jumat (16/2/2024). 

Baca Juga: Kemenag akan Alokasikan Kuota Petugas Haji dari Kepala Madrasah dan Kepala KUA

Sejak 9 Januari 2024, pemerintah telah mengimbau calon jemaah haji untuk dapat melunasi biaya haji pada periode pelunasan haji pertama sejak 9 Januari 2024 dan diperpanjang hingga 23 Februari 2024. 

Biaya haji yang dibayar jemaah tahun ini mencapai Rp56 juta yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik pelunasan haji pada periode dua minggu terakhir penutupan.

Merespons hal tersebut, Anton mengatakan, perseroan menyiapkan serangkaian layanan pelunasan haji di BSI net, e-channel BSI Mobile secara realtime maupun di lebih dari 1.100 outlet BSI yang buka pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

"Serta BSI Smart untuk memudahkan para calon jemaah haji yang akan melakukan pelunasan," ujarnya. 

Baca Juga: Kemenag Perpanjang Masa Pelunasan Biaya Haji Reguler sampai 23 Februari 2024

Berdasarkan data internal BSI, sebanyak 53% calon jemaah haji di BSI sebagian besar berusia di atas 55 tahun. Anton mengatakan, untuk memudahkan para jemaah, BSI telah menyiapkan layanan pra dan pasca haji yang bisa digunakan calon jemaah haji BSI.

“Salah satu layanan tersebut adalah pelunasan melalui BSI Mobile sehingga calon jemaah dapat melakukan proses pelunasan hajinya tanpa antri ke kantor cabang,” jelasnya. 

Tidak hanya itu, BSI Tabungan Haji Indonesia juga dilengkapi BSI Debit Mabrur dengan keuntungan seperti gratis biaya tarik tunai dan cashback transaksi di Arab Saudi, kurs yang kompetitif, serta program belanja sambil berdonasi di merchant F&B 0,1% dari total pembelanjaan.

Baca Juga: Syarat dan Cara Mendaftar Ibadah Haji Plus, Hati-Hati Pilih Agen Travel PIHK

“Hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan one stop financial solution bagi para nasabah haji di Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan selama ibadah haji yang nyaman dan aman,” ucapnya.

Ia menerangkan, untuk mendorong masyarakat mempersiapkan haji dan umrah sejak dini, perseroan rutin meningkatkan literasi Ayo Haji Muda dengan menggandeng lebih dari 1.700 travel haji & umroh untuk haji umrah. Yaitu dengan tabungan haji yang bisa dibuat autodebet agar masyarakat bisa mengatur cashflow financial untuk mempersiapkan biaya haji dengan baik.

“Kami juga terus mengimbau kepada seluruh nasabah untuk bertransaksi sendiri atas pelunasan haji tersebut dan berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BSI, atau bertransaksi di luar layanan yang ditetapkan,” tandasnya. 


 

 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x