Kompas TV nasional rumah pemilu

Rocky Gerung Respons Hasil Pilpres: Itu Angka Electoral atau Moral? Itu Margin of Error atau Teror?

Kompas.tv - 16 Februari 2024, 07:44 WIB
rocky-gerung-respons-hasil-pilpres-itu-angka-electoral-atau-moral-itu-margin-of-error-atau-teror
Pengamat Politik Rocky Gerung (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Politik Rocky Gerung mempertanyakan, apakah hasil Pemilu 2024 mencerminkan angka electoral atau angka moral.

Pertanyaan itu disampaikan Rocky Gerung dalam tayangan program Rosi di Kompas TV, Kamis (15/2/2024) malam.

“Angka itu, bukan kita persoalkan, kita hanya bertanya apakah itu angka electoral atau angka moral? Dan itu problem kita hari-hari, dihasilkan oleh electoral tetapi dibatalkan oleh moral itu soal pertama,” ucap Rocky.

Lebih lanjut, Rocky juga mempertanyakan hasil Pemilu 2024 yang menampilkan kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran. Kemenangan tersebut, katanya, apakah karena margin of error atau margin of teror.

“Yang kedua kemenangan itu karena margin of error atau margin of teror? Jadi tetap ada sinisme di situ,” ujar Rocky.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Anies-Muhaimin Unggul di Aceh dan Sumbar, Sisanya Dikuasai Prabowo-Gibran

Rocky pun menceritakan pengalamannya berinteraksi dengan pengemudi ojek online yang memiliki anak dalam kategori pemilih Gen Z.

Disampaikan pengemudi ojek online kepada Rocky, hasil Pemilu 2024 yang menunjukkan kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran di Pilpres 2024 membuat anaknya kaget dan menilai ada ketimpangan.

“Tadi saya naik gojek dan bicara dengan sopirnya, dia bilang begini, anak saya itu akhirnya (memilih), dia Gen Z, dia merasa kaget kok bisa begitu (hasilnya -red) timpang sekali,” kata Rocky.

Berangkat dari kejadian tersebut, Rocky pun menilai hasil Pilpres 2024 seolah-olah tidak mewakilkan pilihan Gen Z.

“Jadi kalau saya baca dengan intuisi saja, anak muda itu seolah-olah tidak terwakilkan pada hasil-hasil tadi, itu dasarnya. Mungkin Gen Z itu menganggap ya ada hal yang nggak normal di dalam pemilihan,” kata Rocky.

Baca Juga: Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Didukung Kuat Pemilih Berstatus Pendidikan Menengah dan Dasar

“Tetapi ini suara Gen Z yang berbahaya kalau tidak kita terangkan kepada mereka, kenapa mereka gagal untuk punya harapan untuk perubahan, saya kira itu dan suara mereka itu suara Tuhan, millennials don't lie, generals do.”


Hasil hitung cepat Litbang KOMPAS TV Kamis, 15 Februari 2024, pukul 21.19 WIB. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan suara 25,32 persen, kemudian Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 58,47 persen, sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,21 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x