Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasil Real Count KPU Jumlah Suara Masuk 18,31 Persen: Prabowo-Gibran Unggul 56,17 Persen

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 00:07 WIB
hasil-real-count-kpu-jumlah-suara-masuk-18-31-persen-prabowo-gibran-unggul-56-17-persen
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil penghitungan suara resmi (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan 56,17 persen suara. Hasil sementara ini bersumber dari 150.700 atau 18,31 persen tempat pemungutan suara (TPS), terakhir diperbarui Rabu (14/2/2024) pukul 21.30 WIB.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua penghitungan suara Pilpres 2024 dengan 23,87 persen suara. Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tercatat mengantongi 19,96 persen suara.

Dari data yang masuk per berita ini diturunkan, Prabowo memperoleh 7.138.781 suara di TPS. Sedangkan Anies 3.033.507 suara dan Ganjar 2.536.211 suara.

Sebagai catatan, hasil penghitungan suara sementara ini belum sepenuhnya melalui rekapitulasi KPU. Rekapitulasi hasil Pilpres 2024 akan dilakukan secara berjenjang dan dijadwalkan selesai pada 20 Maret 2024.

Baca Juga: Unggul Versi Hitung Cepat, Gibran Bilang Belum Ada Komunikasi dengan Jokowi

Menurut keterangan KPU, setelah hitung suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) per TPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan berjenjang dalam rapat pleno terbuka Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, hingga KPU pusat.

Hasyim pun berjanji pihaknya akan menyertakan formulir C.Hasil dalam laman hitung suara KPU sebagai bentuk transparansi.

"Kami tetap berusaha untuk menjaga diri bekerja profesional, jaga integritas, bekerja secermat mungkin, hingga kemudian kita dapat akuntabel dan proses-proses penghitungan suara transparan,” kata Hasyim dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/2).

Link Real Count KPU

Masyarakat dapat memantau langsung hasil real count KPU melalui situs web pemilu2024.kpu.go.id. Situs ini menyediakan panduan langkah demi langkah untuk mengakses hasil penghitungan suara.

Situs web ini memuat hasil meliputi pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif DPR RI, DPD RI, hingga tingkat DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Pengguna dapat dengan mudah menentukan provinsi, kecamatan, kelurahan, dan bahkan nomor TPS tertentu untuk melihat hasil penghitungan suara secara detail.

Baca Juga: TPN Buka Komunikasi dengan Timnas AMIN Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x