Kompas TV nasional rumah pemilu

Eks KSAD Dudung: Prabowo-Gibran akan Rangkul Pendukung 01 dan 03

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 19:01 WIB
eks-ksad-dudung-prabowo-gibran-akan-rangkul-pendukung-01-dan-03
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman menanggapi hasil hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2024, yang diprediksi berlangsung satu putaran untuk kemenangan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dudung menyebut, Prabowo-Gibran akan merangkul seluruh masyarakat ketika nanti resmi menjadi pemenang di pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Misalnya dengan mengajak pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar serta mereka yang capres-cawapres nomor urut 2, Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi negara maju.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang Telak di TPS SBY di Pacitan, Jawa Timur

"Saya berharap juga mudah-mudahan seluruh rakyat Indonesia mari kita jalin kesatuan dan kesatuan jadi sesuai dengan terakhir penyampaian Pak Prabowo beliau pun akan merangkul 01 maupun nomor 03 karena kedepan ini bangsa harus kita bangun bersama satu kelompok maupun dua kelompok," kata Dudung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). 

Ia mengaku optimistis hasil penghitungan manual dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nanti juga bakal memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran.

"Bukan satu putaran, Sekali putaran. Insya allah mohon doanya ya," kata Dudung. 

Sebelumnya, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count Pemilihan Presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pilpres diprediksi berlangsung satu putaran untuk keunggulan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Penjelasan itu disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dalam deklarasi hasil hitung cepat Litbang Kompas, Rabu (14/2/2024).

“Berdasarkan hitung cepat yang dilakukan oleh Harian Kompas, dalam hal ini Litbang Kompas yang dilakukan di 2 ribu TPS sampel, memprediksi bahwa hingga saat ini data yang masuk sudah 55,6 persen,” tuturnya.

“Dan data tersebut sudah menunjukkan kestabilan, oleh karena itu kami menyimpulkan, memprediksi bahwa Pemilu Presiden 2024 akan berlangung satu putaran,” ujarnya.

Ia menyebut terlihat perbedaannya cukup jauh dan angka yang didapat oleh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran cukup jauh dari kandidat lain.

“Kita bisa menyimpulkan oleh karena itu, diprediksi berdasarkan perolehan suara yang didapatkan pasangan Prabowo-Gibran di TPS sampel hitung cepat ini pemilu dipastikan Prabowo Gibran mendapatkan suara lebih dari 50 persen.”

“Karena simpangannya juga begitu besar, kita juga meyakini verdasarkan data ini diprediksi pemilu berlangsung satu putaran.”

Meskipun, kata dia, datanya tidak bisa disampaikan karena hasil hitung cepat ini tidak bisa memprediksi sampai detail setiap provinsi, namun dengan angka yang sedemikian besar kemungkinan itu sangat mungkin terjadi.

“Artinya, pasangan Prabowo-Gibran bisa mendapatkan setidaknya 20 persen suara di 20 provinsi,” tambahnya.

Baca Juga: Quick Count Litbang Kompas Data Masuk 50%: Anies 22,82%, Prabowo 59,88%, Ganjar 17,3%

Adapun quick count atau hitung cepat yang dilaksanakan oleh Litbang Kompas dibiayai sepenuhnya oleh Kompas Gramedia, dengan jumlah TPS sampel sebanyak 2.000 dan margin error 1 persen. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x