Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo-Gibran Menang Telak di TPS SBY di Pacitan, Jawa Timur

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 18:01 WIB
prabowo-gibran-menang-telak-di-tps-sby-di-pacitan-jawa-timur
Animasi capres-cawapres Prabowo-Gibran yang menggunakan kecerdasan buatan (AI). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

PACITAN, KOMPAS.TV - Hasil pemungutan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 di Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih kemenangan telak.

Lokasi ini menjadi penting karena merupakan tempat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

Saat penghitungan suara di TPS 16 Kelurahan Ploso pada Rabu sekitar pukul 15.30 WIB, terlihat bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan memperoleh 176 suara. 

Mereka unggul jauh dari pesaingnya, pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin (AMIN) yang hanya mendapat dukungan sebanyak 36 suara, serta pasangan Ganjar-Mahfud di posisi terakhir dengan perolehan 11 suara.

Baca Juga: Alasan Anies Sempat Kembalikan Surat Suara saat Nyoblos Pemilu 2024

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 16, Fadjar Setiyo Asmoro, menjelaskan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS itu mencapai 276 pemilih, dengan 229 di antaranya hadir dan menggunakan hak suara mereka.

"DPT di TPS 16 ini ada sebanyak 276 orang pemilih, sementara yang hadir ke TPS dan menggunakan hak suaranya 229 orang," kata Ketua KPPS Fadjar Setiyo Asmoro menjelaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada sebanyak 6 lembar surat suara yang dianggap tidak sah.

"Surat suara yang tidak sah, karena tercoblos ganda, juga ada yang tidak dicoblos," terang Fadjar Setyo.


Dikutip dari Antara, setelah hasil penghitungan suara diproses, rekapitulasi suara Pilpres telah selesai dan disaksikan oleh para saksi dari ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ditugaskan di TPS 16 Kelurahan Ploso.

Hasil rekapitulasi suara Pilpres beserta surat suara yang telah dihitung kembali kemudian dimasukkan ke kotak suara dan selanjutnya akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan bersama dengan empat kotak suara pemilihan legislatif yang masih dalam proses perhitungan.

Secara keseluruhan, pesta demokrasi di Kabupaten Pacitan berjalan lancar tanpa adanya gangguan atau kendala yang dilaporkan.

Cuaca selama proses pemungutan suara juga cerah, menciptakan suasana yang kondusif bagi pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga: Tanggapan Ganjar Atas Hasil Quick Count Pemilu 2024: Kamu Percaya Suara Saya Segitu?

 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x