Kompas TV nasional politik

Istana Sebut Jokowi Siap Bertemu Megawati, Ari Dwipayana: Inisiatif Pertemuan Bisa dari Mana Saja

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 17:42 WIB
istana-sebut-jokowi-siap-bertemu-megawati-ari-dwipayana-inisiatif-pertemuan-bisa-dari-mana-saja
Presiden Joko Widodo (kiri) dan bakal calon presiden yang diusung PDI-P, Ganjar Pranowo (kanan), bersama-sama memegang tangan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri (tengah) untuk turun panggung pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional IV PDI-P di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 29 September 2023. (Sumber: Rony Ariyanto Nugroho/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. Namun, Ari menolak bicara soal siapa yang berinisiatif mewacanakan pertemuan tersebut.

Ia menyampaikan, Presiden Jokowi selalu terbuka untuk bertemu dengan tokoh bangsa. Pengajar Fisipol UGM itu menyebut pertemuan Jokowi-Megawati sejauh ini belum dijadwalkan.

”Presiden selalu terbuka untuk bertemu, bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa, apalagi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa,” kata Ari Dwipayana, Selasa (13/2/2024), dikutip dari laporan.

Baca Juga: Mahasiswa DPP UGM Kirim Surat ke Pratikno dan Ari Dwipayana: Kembalilah Pulang ke Demokrasi

Ari Dwipayana pun enggan menjawab tegas saat ditanya apakah Jokowi yang meminta pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut Presiden Jokowi berinisiatif bertemu dengan Megawati Soekarniputri dan memintanya untuk menjembatani.

”Inisiatif pertemuan bisa muncul dari mana saja, tapi yang paling penting adalah silaturahmi antartokoh bangsa pasti akan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara,” kata Ari Dwipayana dikutip Kompas.id.

Jokowi diketahui tidak lagi bertemu Megawati usai rencana mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto dilakukan.

Keduanya sempat selintas bertemu di acara peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI pada 5 Oktober saja. Saat HUT Ke-51 PDI-P pada 10 Januari 2024, Jokowi memilih kunjungan ke beberapa negara ASEAN.

Sebelumnya, pada Senin (12/2), Sultan HB X mengaku bahwa Jokowi memintanya menjembatani pertemuan dengan Megawati. Kabar ini sebelumnya diungkapkan oleh pengamat militer, Connie Rahakundini Bakrie.

"Betul, tapi saya kan nunggu Presiden. Saya akan menjembatani. Terserah Presiden itu (waktunya). Saya nunggu. Kalau (Presiden) memerlukan, saya bersedia," kata Sultan HB X di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (12/2).

"Ya berarti (saya) bukan ambil inisiatif. Yang ambil inisiatif Bapak Presiden. Kalau mau ketemu Mbak Mega, saya fasilitasi. Kalau bisa ketemu sendiri ya syukur, kalau saya sifatnya pasif," lanjut Sultan HB X.

Baca Juga: Pemungutan Suara di Daerah Terdampak Banjir Demak Ditunda, Warga: Tak Sempat Pikirkan Pemilu


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x