Kompas TV nasional rumah pemilu

Besok Gibran Nyoblos di TPS 34 Manahan Solo, Ketua KPPS Sebut Tak Ada Perlakuan Khusus

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 16:47 WIB
besok-gibran-nyoblos-di-tps-34-manahan-solo-ketua-kpps-sebut-tak-ada-perlakuan-khusus
Calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka tiba di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (Sumber: KOMPAS/AGUS SUSANTO)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2024 di Tempat Pemungutan Suara atau TPS 34 Kelurahan Manahan, Solo, Jawa Tengah, besok Rabu (13/2/2024).

Menurut laporan dari jurnalis KompasTV Maryo Sarong, TPS ini merupakan TPS yang menjadi tempat pencoblosan Gibran sejak Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencalonkan diri di Pemilihan Wali Kota Solo 2005 hingga Pemilihan Umum 2019.

Gibran mengatakan bahwa ia tidak memiliki persiapan khusus untuk melakukan pencoblosan esok hari.

Baca Juga: Intip Lokasi TPS Capres Cawapres: Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Beda Tempat

“Tidak ada persiapan khusus. Ini kita hari ini tetap ke kantor seperti biasa. Hari ini bekerja sebagai walikota,” ucapnya.

Gibran mengaku akan datang ke TPS ketika awak media sudah mencoblos. Ia bilang, rumahnya dekat dengan TPS.

“Kita datangnya nunggu teman teman media coblos dulu aja, kalau semuanya nyoblos baru saya datang. Rumah saya kan cuma di belakang sini tinggal sret langsung,” jelas ayah dari Jan Ethes dan La Lembah Manah itu.

Adapun Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34 Manahan, Heru Marwanto, mengatakan bahwa Gibran mencoblos di TPS tersebut saat ikut dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

“Iya selalu di sini karena selama ini dia terdaftar di sini. Iya waktu Mas Gibran bertarung di (pemilihan) walikota juga di sini juga, jadi pemiliknya juga di sini,” ucap Heru, Rabu (13/2).

Heru memastikan bahwa tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada Gibran dan keluarga selama pencoblosan berlangsung.

“Kalau dari dulu Mas Gibran, anak dari presiden itu, pengamanan dari Paspampres memang selalu ada dan dia sekarang menjabat walikota itu dari pemerintah daerah juga ada (pengamanan),” jelas Heru. 

“Selama ini enggak ada (perlakuan khusus),” sambungnya.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini Tugas Penting Admin Sirekap di TPS Pemilu 2024

Ditanya pukul berapa Gibran akan mencoblos, Heru mengatakan bahwa salah satu cawapres tersebut tak pernah memberi konfirmasi, tetapi ia kerap datang saat hari menjelang siang.

“Biasanya menjelang agak siang, Pertengahan gitu, ndak terlalu pagi dan tidak terlalu siang. Mungkin ketika pemilih tidak terlalu banyak baru beliau disuruh ke sini,” jelasnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x