Kompas TV nasional politik

Sultan HB X Benarkan Jokowi Minta Dipertemukan dengan Megawati: Yang Inisiatif Pak Presiden

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 17:49 WIB
sultan-hb-x-benarkan-jokowi-minta-dipertemukan-dengan-megawati-yang-inisiatif-pak-presiden
Presiden Joko Widodo menyapa awak media dari dalam mobil usai menemui Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen,Yogyakarta, Minggu (28/1/2024) (Sumber: Luqman Hakim/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengonfirmasi bahwa Presiden RI Joko Widodo memintanya untuk menjembatani pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Sultan menyebut wacana pertemuan ini adalah inisiatif Jokowi.

Adapun kabar Jokowi ingin bertemu Megawati disampaikan oleh pengamat militer, Connie Rahakundini Bakrie. Saat ditemui di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sultan HB X membenarkan kabar tersebut.

"Betul, tapi saya kan nunggu Presiden. Saya akan menjembatani. Terserah Presiden itu (waktunya). Saya nunggu. Kalau (Presiden) memerlukan, saya bersedia," kata Sultan HB X, Senin (12/2/2024).

Baca Juga: Surya Paloh Sebut Buka Kerja Sama dengan Megawati Soekarnoputri untuk Putaran Kedua Pilpres 2024

Raja Keraton Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu menegaskan dirinya sebatas bersikap pasif dalam wacana pertemuan itu. Kata Sultan, jika Jokowi memintanya menjembatani, dirinya siap bergerak.

Akan tetapi, selama belum ada arahan dari Presiden Jokowi, Sultan HB X mengaku tidak akan melakukan apa pun terkait pertemuan tersebut.

"Ya berarti (saya) bukan ambil inisiatif. Yang ambil inisiatif Bapak Presiden. Kalau mau ketemu Mbak Mega, saya fasilitasi. Kalau bisa ketemu sendiri ya syukur, kalau saya sifatnya pasif," kata Sultan dikutip Kompas.com.

"Kalau Presiden nggak ngomong 'tolong diantar', kalau nggak (meminta) ya enggak to. Saya kan pasif bukan ngoyak-ngoyak (mengejar-ngejar)," ujarnya.

Jokowi diketahui mengunjungi Sultan HB X di Yogyakarta pada 28 Januari 2024 lalu. Saat itu, Sultan menyambut Jokowi di kawasan Keraton Kilen.


Jokowi terpantau datang ke kawasan Keraton Kilen menggunakan mobil Toyota Alphard sekitar pukul 10.25 WIB. Seusai pertemuan, Jokowi enggan memberikan keterangan dan sebatas menyapa awak media.

Baca Juga: Tindakan Jokowi Benar-Benar di Luar Nalar, Pengamat: Kunjungi Hotel Tempat Kumpul Prabowo-Gibran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x