Kompas TV nasional rumah pemilu

Surya Paloh Sebut Buka Kerja Sama dengan Megawati Soekarnoputri untuk Putaran Kedua Pilpres 2024

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 05:30 WIB
surya-paloh-sebut-buka-kerja-sama-dengan-megawati-soekarnoputri-untuk-putaran-kedua-pilpres-2024
Surya Paloh saat konferensi pers tentang parpol. Ia juga menyebut, Jokowi tidak ingin tiga periode dan jadi wapres di 2024 (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem akan membangun kerja sama dengan PDI Perjuangan (PDI-P) jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan peluang untuk berkomunikasi dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran sangat terbuka. 

Menurutnya, NasDem dan PDI-P punya harapan dan tujuan yang sama untuk menjaga keutuhan bangsa, meski terpisah dalam perbedaan pilihan.

"Saya pikir semangatnya sama, harapannya sama, pada diri Mbak Mega dan saya pastilah mempunyai suatu semangat keutuhan bangsa ini harus mampu, bisa kita pertahankan," ujar Surya Paloh di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024).

Surya menjelaskan, sejauh ini komunikasi untuk membahas kerja sama di putaran kedua memang belum terlaksana dikarenakan masing-masing partai pendukung disibukkan dengan kampanye capres dan cawapres yang diusung. 

Baca Juga: Megawati Singgung Bansos, Orasi Ganjar saat Kampanye Akbar di Solo

Namun tidak menutup kemungkinan komunikasi akan terwujud setelah hari pencoblosan 14 Februari 2024.

Surya juga meyakini pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bisa lolos ke putaran kedua bersama-sama dengan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Saya pikir itu amat sangat (memungkinkan), harusnya demikian, dan itu juga disadari oleh semua pihak karena begitu besar permasalahan yang kita hadapi untuk bisa menjalankan roda administrasi, pemerintahan, yang membutuhkan stabilitas nasional tetap terjaga," ujar Paloh, dikutip dari Kompas.com

Adapun Anies-Muhaimin menggelar kampanye akbar terakhir Sabtu (10/2/2024) di JIS, Jakarta Utara.

Sedangkan Ganjar-Mahfud mengadakan kampanye akbar di dua kota, yakni di Kota Surakarta dan Kota Semarang, Jawa Tengah. 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x