Kompas TV nasional rumah pemilu

Kegiatan Cawapres di Masa Tenang: Muhaimin Bertemu Kiai, Gibran Kembali Jadi Wali Kota, Mahfud Umrah

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 08:55 WIB
kegiatan-cawapres-di-masa-tenang-muhaimin-bertemu-kiai-gibran-kembali-jadi-wali-kota-mahfud-umrah
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) saat bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Kegiatan para Cawapres dalam masa tenang Pemilu 2024 yang mulai diberlakukan hari ini, Minggu (11/2/2024) hingga Selasa (13/2). (Sumber: Kompas.tv/Ant/MUHAMMAD ADIMAJA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai hari ini, Minggu (11/2/2024), merupakan masa tenang Pemilu 2024, yang berarti peserta Pemilu dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apa pun.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Di mana juga disebutkan masa tenang kampanye Pemilu 2024 dimulai tiga hari sebelum pemungutan suara.

Seperti yang diketahui, pemungutan suara akan dilangsungkan pada Rabu (14/2) pekan depan, Dengan begitu, peserta pemilu dilarang melaksanakan kampanye selama masa tenang dari tanggal 11-13 Februari.

Jika demikian, lalu apa kegiatan para peserta Pemilu, khususnya calon wakil presiden (Cawapres) di masa tenang ini?

Berikut Kompas.tv rangkum kegiatan para cawapres di masa tengang Pemilu 2024:

1. Muhaimin Iskandar

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku bakal bertemu dengan para kiai untuk melakukan doa bersama pada masa tenang Pemilu 2024.

“Ya kita menkonsentrasikan diri pada doa bersama di berbagai tempat. Saya sendiri, insya Allah dua hari ini akan berkumpul dengan kiai-kiai untuk mendoakan semuanya lancar, aman, tidak ada kecurangan,” kata Muhaimin di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2).

“Semua yang mau jahat, semua yang mau curang, hari besok sampai dua hari kita doakan semoga dapat hidayah. Semoga sadar, semoga menjadikan pemilu itu hasilnya sangat objektif, kemudian legitimate,” jelasnya.

Ketua Umum PKB tersebut meyakini peran para kiai akan menyukseskan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berhasil melewati putaran pertama Pilpres 2024.

"Alhamdulilah, pada dasarnya hati para kiai bersama saya semua. Insya Allah, pemilih kami loyal, militan, dan insya Allah hari ini justru (terjadi) migrasi (pemilih paslon lain) ke kita,” ujar Cak Imin, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Masa Tenang Kampanye Pemilu 2024 Dimulai Hari Ini, Awas Ada Hukuman bagi Pelanggar!

Gibran Rakabuming Raka



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x