Kompas TV nasional rumah pemilu

Presiden Jokowi: Saya Tidak Akan Berkampanye di Pemilu 2024

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 12:13 WIB
presiden-jokowi-saya-tidak-akan-berkampanye-di-pemilu-2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memastikan pasokan dan menstabilkan harga bahan pokok jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan dirinya tidak akan ikut berkampanye di gelaran Pemilu 2024.

Hal ini menanggapi isu kalau Presiden Jokowi akan hadir dalam kampanye akbar yang akan berakhir pada 10 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka Suara Terkait Isu Dirinya Akan Ikut Kampanye Akbar Terakhir Pemilu 2024

"Jika pertanyaanya, apakah saya akan kampanye? Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2/2024). 

Jokowi menjelaskan, Presiden memang tak dilarang untuk ikut berkampanye dalam sebuah pesta demokrasi. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Pemilu tahun 2017.

"Ini saya ingin menegaskan kembali, pernyataan saya sebelumnya bahwa Presiden memang dibolehkan undang-undang untuk kampanye. Dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturan," katanya. 

Jokowi sebelumnya sempat menyatakan bahwa Presiden pun memiliki hak untuk berkampanye.

Presiden juga sempat memberikan keterangan secara khusus di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, mengenai ketentuan yang membolehkan Presiden berkampanye.

Ia sempat menunjukkan sebuah catatan terkait Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca Juga: Kala Anies Dengar Curhatan hingga Dipeluk Nelayan saat Kampanye Akbar di Parepare

Rentetan pernyataan dan keterangan Jokowi itu sempat menimbulkan pertanyaan publik apakah Presiden Jokowi akan ikut berkampanye mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, atau tidak.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x