Kompas TV nasional rumah pemilu

Profil Bio Paulin Pierre, Mantan Bek Persipura yang Jadi Caleg Gerindra

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 12:22 WIB
profil-bio-paulin-pierre-mantan-bek-persipura-yang-jadi-caleg-gerindra
Leganda sepak bola Bali Bayu Sutha foto bersama Bio Paulin saat bagi-bagi bola dalam rangkaian kegiatan syukuran Bali United Juara Liga 1 2021-2022 di Megastore Bali United Gianyar, Senin (28/3/2022) siang. (Sumber: Suci Rahayu/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Mantan pesepak bola Persipura Jayapura, Bio Paulin Pierre memperkuat Partai Gerindra dalam kontestasi pemilihan DPRD Kota Jayapura 2024 mendatang. Pria kelahiran Kamerun ini pun diketahui menjadi mantan pemain naturalisasi pertama yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) di Indonesia.

Bio Paulin sebelumnya dikenal sebagai pemain penting Persipura ketika klub tersebut meraih tiga trofi Liga Indonesia pada 2008 hingga 2013. Setelah merumput bertahun-tahun di Indonesia, Bio Paulin resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2015 silam.

Berikut profil Bio Paulin Pierre, mantan pesepak bola yang kini terdaftar sebagai caleg Partai Gerindra nomor urut 11 di pemilihan DPRD Kota Jayapura Dapil 4.

Profil Bio Paulin

Lahir di Nanga Eboko, Kamerun pada 15 April 1984, Bio Paulin memulai karier sepak bola di tim muda klub domestik, Achille Sa'a. Ia memulai kiprah di tim senior pada 2001.

Baca Juga: Penting, Berikut Ini Cara Mengetahui Profil Caleg Pemilu 2024 Melalui Laman Resmi KPU

Pada 2002, Bio Paulin sempat pindah ke Prancis untuk bermain di tim B RC Lens. Dua tahun berselang, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini kembali ke Kamerun untuk memperkuta Union Douala dan Achille Sa’a.

Bio Paulin Pierre masuk ke kancah sepak bola Indonesia pada 2006 silam, bergabung dengan Mitra Kukar. Ia membela klub asal Kalimantan Timur ini selama setahun sebelum pindah ke Persipura.

Bio Paulin pun semakin dikenal usai membela Persipura antara tahun 2007 hingga 2017. Bersama Si Mutiara Hitam, Bio Paulin meraih tiga trofi Liga Super Indonesia pada 2008/09, 2010/11, dan 2013.

Selama bermain, Bio Paulin dikenal sebagai bek tengah yang lugas dan tanpa kompromi mengawal lini belakang.

Kemampuannya di lini belakang membuat Bio Paulin dinaturalisasi pada 2015 silam. Ia pun tercatat sekali bermain untuk Timnas Indonesia dalam partai persahabatan lawan Myanmar.

Akan tetapi, cedera parah mesti membuat Bio Paulin menepi dari sepak bola. Bio tercatat terakhir aktif bermain bersama PSGC Ciamis pada 2019 lalu.

Sebelum menjadi caleg, Bio Paulin sempat melatih klub Liga 3, Persitoli Tolikara. Ia juga sempat menjadi asisten pelatih Persipura.

Pada 2022 lalu, Bio Paulin mengaku masih berambisi untuk kembali merumput. Waktu itu, ia merasa masih bisa bermain dan berhasrat untuk kembali bermain sepak bola.

“Saya ada banyak waktu kosong, jadi saya ambil lisensi C. Mengisi waktu saya melatih. Kemarin melatih Tolikara (Persitoli) sampai nasional, 64 besar dan aku sebagai pelatih kepala,” kata Bio Paulin dikutip Kompas.com, 24 Februari 2022 lalu. 

“Saya harus jaga kondisi karena kalau tidak ada aktivitas, kondisi badan saya bisa gemuk. Disuruh lari enggak bisa,” imbuhnya.

Baca Juga: Kisah Maryanto Tukang Bakso Bekasi Maju jadi Caleg, Dapat Dukungan Tukang Bakso Bulat sampai Gepeng


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x