Kompas TV nasional rumah pemilu

Kisah Maryanto Tukang Bakso Bekasi Maju jadi Caleg, Dapat Dukungan Tukang Bakso Bulat sampai Gepeng

Kompas.tv - 28 Januari 2024, 11:14 WIB
kisah-maryanto-tukang-bakso-bekasi-maju-jadi-caleg-dapat-dukungan-tukang-bakso-bulat-sampai-gepeng
Tukang bakso di Bekasi maju jadi caleg. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tukang bakso Jabodetabek memberikan dukungan kepada Maryanto, tukang bakso di Bekasi yang maju menjadi caleg dari PDI Perjuangan (PDI-P) Dapil 2 meliputi Bekasi Utara dan Medan Satria. Tukang Bakso Jabodetabek serempak memasang spanduk dukungan.

Spanduk itu berisi kalimat 'Makan Bakso ingat Mas Yanto, nyoblosnya MARYANTO’. Dalam spanduk itu, Maryanto mengenakan seragam PDI-P sambil mengangkat 10 jarinya.

Spanduk tersebut juga memuat gambar Paslon Capres 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Baca Juga: Bertemu Caleg PDIP se Malang Raya, Atiqoh Ajak Jaga Basis Suara

Tokoh tukang bakso Jabodetabek, Widodo mengatakan, dukungan ini bentuk solidaritas tanpa batas untuk sesama tukang bakso.

Pemilik Bakso Kumis Group (BKP) ini menegaskan, dukungan ini sekaligus harapan bagi para tukang bakso untuk bisa terwakili suaranya di parlemen kota.

"Ya ini pencalonan Mas Yanto atau Maryanto ini kan baik dan nantinya mewakili kita untuk menyuarakan apa yang menjadi kendala atau persoalan di bawah. Kemampuan Maryanto dinilai sudah mumpuni kaitan UMKM. Karena beliau kan juga aktif mengisi seminar UMKM di kementrian atau setingkat lembaga," kata Pak Haji Kumis, sapaan akrabnya.

Menurut Haji Kumis, Maryanto sejauh ini konsisten membantu dengan program dan agenda di tengah-tengah masyarakat. Seperti hantam stunting dengan bakso ikan tuna.

Kemudian, peluang usaha yang memberikan modal bakso colok (baslok) gratis di awal bagi para siapa saja yang mau berusaha. Khususnya warga di wilayah Bekasi Utara dan Medan Satria.

"Ya ini perhatian tulus yang Mas Yanto berikan kepada masyarakat, apalagi sampai duduk di dewan ya, agenda hantam stunting kan bisa manfaat buat Posyandu di seluruh Bekasi jika masuk usulannya," ujarnya.

Sementara, pemilik gerai Bakso Gepeng Harapan Indah, Bekasi, Slamet mengatakan, kaitan pemasangan spanduk dukungan sampai ke luar Dapil Maryanto itu semata karena bentuk solidaritas.

"Ini spanduk dipasang di Depok, Kabupaten Bekasi dan kota lainnya karena memang ada semangat gotong-royong dari tukang bakso. Kan tidak menutup kemungkinan pelanggan yang makan bakso di Bogor atau Depok ada warga Bekasi Utara. Ya bangga lah jelas, ada teman kami," sambung Mas Gepeng sapaan akrab Slamet.

Lebih jauh, kaitan untuk kontestasi Pilpres 2024, para tukang bakso itu enggan menunjukkan keberpihakannya.

Baca Juga: Komika David Nurbianto Soroti Lokasi Baliho Capres-Caleg: Banyak yang Semrawut

Sebelumnya para tukang bakso tersebut juga sudah ditemui Capres Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang, Jawa Tengah.

Pada pertemuan tersebut, para tukang bakso terutama Maryanto berdiskusi dengan Ganjar kaitan rencana pelaku UMKM untuk menggiatkan dan berkontribusi besar dalam perekonomian.

Ia membenarkan soal dukungan nyata yang diberikan para tukang bakso di Jabodetabek dan mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan tukang bakso di mana pun berada.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x