Kompas TV nasional politik

Menlu Retno soal Isu Mundur dari Kabinet: Dengan Intensitas Saya Kerja Seperti Ini, Percaya Enggak?

Kompas.tv - 6 Februari 2024, 17:26 WIB
menlu-retno-soal-isu-mundur-dari-kabinet-dengan-intensitas-saya-kerja-seperti-ini-percaya-enggak
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat memberikan pernyataan usai menghadiri Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB terkait konflik Israel-Palestina di Gaza, Rabu (24/1/2024). Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi buka suara terkait isu dirinya yang akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi.  (Sumber: YouTube MoFA Indonesia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi buka suara terkait isu dirinya yang akan mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Terkait hal tersebut ia kembali mempertanyakan apakah publik percaya, mengingat intensitas pekerjaannya yang masih padat sebagai Menlu.

"Percaya enggak? Sekarang aku tanya percaya enggak dengan intensitas saya bekerja seperti ini, percaya enggak?" kata Retno,  Selasa (6/2/2024).

"Makanya aku tanya dengan intensitas pekerjaan saya seperti ini, komitmen untuk bekerja. Kira-kira percaya enggak?" ujarnya mengulang.

Dalam kesempatan itu, Retno pun menegaskan bahwa kondisi Kabinet Indonesia Maju saat baik-baik saja.

"Kabinet baik-baik saja. Solid," tegasnya, dikutip dari Antara.

Ia mengaku tetap menjalani komunikasi baik dengan semua menteri di kabinet Jokowi.

Baca Juga: Airlangga soal Isu Sri Mulyani Mundur: Saya Yakin Enggak, Bu Sri Mulyani Kawan Saya

Diberitakan sebelumnya, Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri, menyebut sejumlah menteri berencana mundur dari Kabinet Jokowi.

Diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menurut penjelasannya, jika para menteri tersebut mulai tidak nyaman dengan Presiden Jokowi yang kebijakannya merugikan rakyat dan diduga berpihak di Pilpres mendukung capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak membantah tegas rumor yang diungkap Faisal Basri. Ia hanya menjawab singkat dirinya bekerja.

“Saya bekerja, saya bekerja, oke makasih,” ucap Sri Mulyani pada Jumat (19/1/2024) di Istana Negara Jakarta.


 

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan para menteri di Kabinet Indonesia Maju tetap bekerja, tanpa terpengaruh dengan isu pengunduran diri sejumlah menteri.

Ari menjelaskan sejauh ini hanya satu menteri yang menyatakan ingin mundur dari kabinet Indonesia Maju, yakni Mahfud MD sebagai Menko Polhukam.

"Tidak ada kabar apapun (menteri-menteri) untuk mundur. Kecuali yang disampaikan Pak Mahfud dalam berbagai wacana ya. Tapi menteri yang lain tetap bekerja seperti biasa," ujar Ari di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (30/1/).

Baca Juga: Istana Pastikan selain Mahfud MD Tidak Ada Menteri di Kabinet Indonesia Maju Berencana Mundur



 



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x