Kompas TV nasional hukum

KSAD Jenderal Maruli Sebut Mabes TNI akan Bertemu KKB untuk Negosiasi Pembebasan Pilot Susi Air

Kompas.tv - 6 Februari 2024, 06:10 WIB
ksad-jenderal-maruli-sebut-mabes-tni-akan-bertemu-kkb-untuk-negosiasi-pembebasan-pilot-susi-air
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers selepas acara perayaan Natal bersama TNI AD di Jakarta, Senin (5/2/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak mengaku mendapat informasi bahwa Mabes TNI akan bertemu kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua untuk negosasi pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

Diketahui, Philip Mark Mehrtens yang merupakan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu hingga kini masih disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Demikian hal tersebut disampaikan Jenderal Maruli usai ditanya tentang KKB atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang menyebut akan membebaskan Philip Mehrtens setelah satu tahun lebih disandera.

Baca Juga: Bakar 2 Puskesmas di Papua, TNI-Polri Tembak Mati 1 Anggota KKB, 2 Pelaku Lainnya Ditangkap

"Jadi yang saya dengar informasinya itu, perlu waktu untuk bertemu. Akhirnya perlu berapa hari lagi untuk menyampaikan, berapa lagi hari ke sana," kata Maruli Simanjuntak ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Senin (5/2/2024).

Ia menuturkan bahwa Mabes TNI AD memang memiliki keterbatasan dalam memperoleh informasi mengenai pilot Susi Air tersebut.

Sebab, kata dia, koordinasi tentang upaya pembebasan Philip Mehrtens tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI.

"Jadi, kalau kami di Angkatan Darat kami punya keterbatasan untuk mendapatkan seluruh informasi ya. Karena kami tingkatnya adalah pembinaan kekuatan," ujar menantu Luhut Binsar Pandjaitan. 

Meskipun begitu, Maruli Simanjuntak berujar Mabes TNI AD terus mengikuti perkembangan yang ada dari Mabes TNI. Ia pun mengaku mendapatkan informasi bahwa pilot Susi Air tersebut dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Pangdam Cendrawasih Ancam KKB Intan Jaya: Jika Terus Ganggu Keamanan, Kami Kerahkan Kekuatan Penuh



Sumber : kompas.com, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x