Kompas TV nasional rumah pemilu

Dalam Debat Prabowo Mengaku Setuju Program Internet Gratis, Tapi Makan Gratis Lebih Prioritas

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 22:21 WIB
dalam-debat-prabowo-mengaku-setuju-program-internet-gratis-tapi-makan-gratis-lebih-prioritas
Capres RI nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat kelima Pilpres 2024 di JCC, Minggu (4/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto, mengaku sepakat dengan program capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menjanjikan internet gratis.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam debat kelima Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (4/2/2024) malam, menjawab pertanyaan Ganjar tentang ketimpangan digital.

Dalam debat tersebut, awalnya Ganjar menyinggung bahwa Prabowo pernah menyampaikan bahwa orang yang menginginkan internet gratis otaknya lambat.

Menjawab hal itu, Prabowo mengatakan bahwa mungkin Ganjar kurang lengkap mendengar ucapannya tersebut.

“Mungkin tidak lengkap yang Bapak dengar ucapan saya,” kata Prabowo.

“Yang saya katakan adalah yang mana yang lebih penting internet gratis atau makan gratis untuk orang yang sedang susah, untuk orang miskin, untuk orang kalangan bawah. Itu yang saya maksud.”

Prabowo kemudian mengaku setuju dengan program internet gratis. Tapi, lanjut dia, jangan sampai internet gratis lebih diutamakan daripada makan gratis.

“Kalau internet gratis ya saya setuju. Tapi jangan internet gratis lebih dipentingkan dari makan gratis. Makan ini mutlak untuk rakyat kita. Mereka harus makan, anak-anak haru makan, orang miskin harus makan. Itu maksud saya.”

“Kalau internet gratis, bagus untuk ketimpangan digital dan sebagainya, saya sependapat. Mungkin ada yang melapor ke Bapak kurang lengkap, saya kira itu. Mungkin,” ulang Prabowo mengklarifikasi pernyataannya.

Baca Juga: Kala Ganjar Tak Setuju Makan Siang Gratis Cegah Stunting dari Prabowo: Nanti Terjadi Obesitas

Tapi, tambah Prabowo, ia tidak bermaksud menyebut bahwa internet gratis tidak penting.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga sempat mengulang pernyataannya bahwa yang ia maksud adalah makan siang gratis lebih menjadi prioritas jika dibandingkan internet gratis.

“Maaf Pak Ganjar, saya tegaskan kembali, dalam konteks internet gratis, kalau dibandingkan dengan makan gratis, mana yang lebih diprioritaskan. Maksud saya adalah makan gratis diprioritaskan. Bukan berarti internet gratis tidak penting, sama sekali tidak,” bebernya.


 

“Saya, apabila jadi presiden, saya akan bawa internet gratis ke seluruh desa di seluruh Indonesia, jelas itu. Tapi, makan gratis untuk anak-anak Indonesia dan ibu-ibu hamil, itu strategic, itu utama bagi saya.”

Sebelumnya, Ganjar menyebut dirinya memiliki program internet gratis untuk sekolah dan untuk UMKM.

“Tapi ada yang menarik, Pak, di Pontianak pada tanggal 20 Januari Bapak menyampaikan bahwa orang yang menginginkan internet gratis itu, maaf ini Pak, otaknya lambat.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x