Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Capres Terakhir, Jokowi: Jangan Terlalu Personal, Debatkan Visi yang Substansial

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 16:18 WIB
jelang-debat-capres-terakhir-jokowi-jangan-terlalu-personal-debatkan-visi-yang-substansial
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dengan wartawan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap para calon presiden (capres) akan berdebat mengenai visi dan misi dan tidak terjebak dalam "debat yang terlalu personal" dalam debat capres 2024 terakhir yang akan digelar Minggu (4/2/2024) malam ini.

Harapan Jokowi tersebut disampaikan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024) atau sehari sebelum debat pemungkas Pilpres 2024 dilaksanakan.

"Ya, semua calon bisa menyampaikan visi dan misi yang substansial, tidak terjebak pada debat yang terlalu personal," ujar Jokowi, dikutip dari video YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Fokus Debat Terakhir, Anies, Prabowo, dan Ganjar Tak Ada Kegiatan Publik Maupun Kampanye

"Saya kira akan baik kalau debatnya itu mendebatkan mengenai visi yang substansial. Visi yang berguna bagi negara, berguna bagi bangsa, berguna bagi rakyat kita," sambung Jokowi.

Ia berpendapat, dengan menyampaikan visi, misi, dan gagasan secara substansial, masyarakat bisa mengetahui siapa yang cocok memimpin Indonesia ke depan.

Diketahui, debat kelima Pilpres 2024 yang merupakan debat capres terakhir, akan diaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, hari ini, Minggu (4/2/2024).

Dalam debat tersebut, ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan adu gagasan seputar isu kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi.

Sub tema debat meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Baca Juga: Pilpres Semakin Dekat, Ganjar-Mahfud Kerja Keras Dokrak Elektabilitas

Rencananya, debat capres terakhir akan dipandu dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.

Capres nomor urut 2, Prabowo, akan menjadi capres pertama yang memaparkan visi, misi, dan program dalam debat malam ini.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x