Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud Lepas Jabatan Menko Polhukam, TKN: Kami Sarankan Prabowo Tak Perlu Mundur dari Menhan

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 10:53 WIB
mahfud-lepas-jabatan-menko-polhukam-tkn-kami-sarankan-prabowo-tak-perlu-mundur-dari-menhan
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani mengatakan pihaknya menyarankan kepada capres nomor urut 2, Prabowo, agar tak mundur dari jabatan Menteri Pertahanan (Menhan). 

Hal ini merespons keputusan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, yang memutuskan mundur dari posisi Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). 

Baca Juga: Anies Sorot Momen Jokowi Makan Bareng Prabowo, Teringat Era Orde Baru yang Berpihak

"Kami menyarankan kepada Pak Prabowo untuk tidak perlu mundur sebagai Menhan dan kami minta agar Pak Prabowo menyelesaikan tugasnya sampai akhir periode sebagai Menhan," kata Muzani kepada wartawan, Rabu (31/1/2024).

"Dan sepertinya Pak Prabowo akan menyelesaikan tugas sampai akhir periode," sambungnya. 

Muzani memastikan Prabowo tak akan memanfaatkan fasilitas negara yang dimilikinya saat sedang berkampanye di berbagai daerah. 

"Tidak akan terjadi (konflik kepentingan), insyaallah tidak akan terjadi," ujarnya. 

Wakil Ketua MPR RI itu mengaku menghargai langkah politik Mahfud yang memilih mundur dari jabatannya. 

"Beliau mundur dari posisinya sebagai Menko Polhukam tentu itu hak pribadi sepenuhnya. Kami hormati atas keputusan tersebut dan selanjutnya ya pemerintahan tetap berjalan seperti sediakala," katanya.

Baca Juga: Mahfud MD Tinggalkan Kabinet Jokowi, Ganjar: Mudah-mudahan yang Lain Ikut

Mahfud mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menko Polhukam pada Rabu (31/1/2024).

Melalui siaran langsung di akun Instagram @mohmahfudmd, Mahfud mengaku sudah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

“Saya sudah membawa surat (pengunduran diri) untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik,” kata Mahfud di Pura Walandano, Lampung Tengah, Rabu.

Ia berencana menyampaikan surat pengunduran diri tersebut begitu mendapatkan jadwal bertemu dengan Jokowi.

Mahfud bilang, Jokowi masih berada di luar Jakarta hingga Kamis (1/2/2024). Ia menjelaskan alasannya ingin menyampaikan surat pengunduran diri langsung kepada Jokowi karena dulu ia diangkat sebagai Menko Polhukam dengan kehormatan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x