Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi Kunjungan Prabowo-Gibran Temui Sultan, TKN: Jogja dan Solo Sebenarnya Satu Rumpun

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 11:57 WIB
tanggapi-kunjungan-prabowo-gibran-temui-sultan-tkn-jogja-dan-solo-sebenarnya-satu-rumpun
Wihadi Wiyatn selaku jubit TKN Prabowo-Gibran, Rabu (31/1/2024) menanggapi kunjungan kedua kandidat menemui Raja Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wihadi Wiyatno selaku juru bicara (jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menanggapi kunjungan keduanya menemui Raja Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut Wihadi, pihaknya melihat bahwa kunjungan Prabowo dan Gibran bertemu Sultan merupakan unggah-ungguh atau sopan santun sekaligus untuk mendapatkan petuah.

“Kalau  kita ini melihatnya begini, dalam pepatah Jawa kan kita harus punya unggah-ungguh,” kata dia dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Rabu (31/1/2024).

“Artinya kita juga mesti harus kulonuwun, dan kalau kulonuwun itu kita juga mesti yang namanya kita mendapatkan pepatah, petuah, dan nasihat.”

Ia kemudian menjelaskan bahwa Gibran yang merupakan putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan keluarga dari Solo.

Baca Juga: Capres Ganjar Pranowo Tanggapi soal Isu Politisasi Bansos Jelang Pemilu 2024

Sementara, Keraton Solo dan Yogyakarta sebenarnya masih satu rumpun dari Kerajaan Mataram.

“Artinya, bagaimana pun juga yang namanya Keraton Jogja dan Solo itu adalah sebenarnya satu rumpun.”

“Kalau kita lihat di sini bahwa yang namanya Pak Jokwoi tentunya juga melihat bahwa Sri Sultan adalah seorang tokoh nasional juga, dalam hal ini Pak Jokowi tentunya datang kepada Sri Sultan bukan hanya sekali itu saja,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x