Kompas TV nasional peristiwa

Polemik Bayar Kuliah Pakai Pinjol di ITB, Ini Hasil Pertemuan Mahasiswa dengan Rektorat

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 10:39 WIB
polemik-bayar-kuliah-pakai-pinjol-di-itb-ini-hasil-pertemuan-mahasiswa-dengan-rektorat
Mahasiswa ITB menggelar aksi terkait dengan polemik bayar UKT pakai pinjol di depan Gedung Rektorat, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1/2024). (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Yogi Saputra menyampaikan hasil pertemuan dengan pihak Rektor ITB Reini Wirahadikusumah yang digelar kemarin Selasa (30/1/2024) terkait dengan skema pembayaran uang kuliah dengan pinjaman online (pinjol).

Sebelumnya, mahasiswa juga menggelar aksi terkait dengan polemik bayar UKT pakai pinjol di depan gedung rektorat, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1/2024).

Yogi mengatakan, mahasiswa membawa empat tuntutan. Pertama, pemaksimalan sumber beasiswa dan skema keringanan dan cicilan UKT. Kedua, penyelenggaraan kebijakan yang transparan dan berkeadilan. 

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa ITB Demo di Gedung Rektorat, Tolak Bayar Kuliah dengan Pinjol!

Ketiga, penghapusan opsi penyelenggaraan dana berupa pinjaman online. Keempat, penjaminan seluruh mahasiswa ITB untuk mengisi FRS (Formulir Rencana Studi) dan mendownload KSM (Kartu Studi Mahasiswa).

“Berdasarkan pertemuan kami dengan Ibu Rektor, sebenarnya dapat dikatakan dari Ibu Rektor belum dapat memenuhi tuntutan mahasiswa,” kata Yogi dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Rabu (31/1/2024).

Namun demikian, ratusan mahasiswa yang sebelumnya terancam tak dapat kuliah karena memiliki tunggakan uang kuliah tunggal (UTK), sudah dapat dijamin untuk dapat kuliah.

Sayangnya, kata Yogi, hanya mahasiswa jalur reguler yang dapat dijamin keberlangsungan kuliahnya. Sementara, mahasiswa jalur mandiri dan kelas internasional masih belum diketahui nasibnya.

“Ada 300 mahasiswa yang terancam tidak bisa kuliah karena masih memiliki tunggakan akibat UKT yang tidak berkeadilan, itu dari ITB setelah kami bernegosiasi, bersedia menjamin keberlangsungan kuliah teman-teman kami sebanyak 182 mahasiswa yang jalur reguler,” kata Yogi.

“Namun, ada 140 lainnya dari mandiri dan kelas internasional, sampai kemarin ITB belum memberikan jaminan, dengan pertimbangan mereka dianggap lebih memiliki kapasitas ekonomi,” ujarnya.

Terkait dengan pinjaman online yang kini menjadi perhatian publik, Yogi bilang bahwa pihak Rektorat ITB belum bisa menghapuskan skema pembayaran ala pinjol tersebut.

Namun demikian, skema ini tidak akan menjadi opsi yang dipromosikan dalam website atau kanal-kanal milik ITB.

Baca Juga: Gaduh Bayar Kuliah ITB Pakai Cicilan ala Pinjol, Pihak Kampus Klaim Beri Kemudahan Akses Pendidikan

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto membenarkan bahwa ITB memberikan layanan bagi mahasiswanya untuk melakukan pembayaran uang kuliah dengan cara dicicil.


ITB bekerja sama dengan PT Inclusive Finance Group atau Danacita untuk menyediakan layanan cicilan UKT untuk tenor 6-12 bulan.

“Kerja sama ini tentu menguntungkan bagi masyarakat atau mahasiswa karena terdapat kemudahan dalam membayar uang kuliah,” ucap Naomi, Jumat (26/1/2024).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x