Kompas TV pendidikan kampus

Gaduh Bayar Kuliah ITB Pakai Cicilan ala Pinjol, Pihak Kampus Klaim Beri Kemudahan Akses Pendidikan

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 16:12 WIB
gaduh-bayar-kuliah-itb-pakai-cicilan-ala-pinjol-pihak-kampus-klaim-beri-kemudahan-akses-pendidikan
Viral Institut Teknologi Bandung (ITB) terapkan skema cicilan untuk membayar kuliah yang disebut seperti pinjaman online (pinjol). (Sumber: X/@itbfess)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

BANDUNG, KOMPAS.TV - Media sosial kini dihebohkan dengan unggahan oleh akun X @itbfess mengenai skema cicilan untuk pembayaran uang kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti pinjaman online (pinjol).

Dalam unggahan tersebut, tampak brosur dari ITB bertuliskan Program Cicilan Kuliah Bulanan di Institut Teknologi Bandung yang menyediakan cicilan selama 6-12 bulan.

Mahasiswa ITB yang hendak melakukan skema cicilan ini dapat mengajukan tanpa uang muka atau down payment (DP) dan tanpa jaminan.

Baca Juga: Pendaftaran STIN 2024 Segera Dibuka, Ini Syarat dan Jurusannya, Setelah Lulus Kerja di BIN

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto membenarkan bahwa ITB memberikan layanan bagi mahasiswanya untuk melakukan pembayaran uang kuliah dengan cara dicicil.

Untuk memberikan layanan ini, ITB telah bekerja sama dengan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Naomi mengeklaim bahwa beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, banyak yang menjalin kerja sama dengan LKBB tersebut.

“LKBB yang dimaksud ini khusus bergerak di bidang pendidikan. Selain ITB, terdapat banyak PTN/PTS yang bekerja sama dengan LKBB yang dimaksud,” jelas Naomi, Jumat (26/1/2024).

ITB sendiri bekerja sama dengan LKBB ini sejak Agustus 2023. Tujuan dari layanan ini adalah untuk mempermudah mahasiswa mengakses pendidikan karena uang kuliah bisa dicicil.

“Kerja sama ini tentu menguntungkan bagi masyarakat atau mahasiswa karena terdapat kemudahan dalam membayar uang kuliah,” terangnya.

Ia menyinggung kemudahan bertransaksi masa kini yang dapat diakses melalui banyak cara. Kemudahan inilah yang hendak diadopsi oleh ITB agar masyarakat semakin mudah mengakses pendidikan.

Baca Juga: Cara Daftar Program KIP Kuliah 2024, Cek Besaran Uang Saku per Klaster

Melalui kerja sama dengan LKBB, mahasiswa dapat membayar melalui berbagai bank, virtual account (VA), hingga kartu kredit Master atau Visa.

“Juga menyediakan pilihan LKBB yang membantu masyarakat atau mahasiswa yang tidak dapat membayar langsung dengan fasilitas cicilan,” pungkasnya.


 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x