Kompas TV nasional politik

Diajak Kampanye Kaesang, Jokowi Enggan Jawab Apakah akan Ikut Kampanyekan Gibran Rakabuming Raka

Kompas.tv - 29 Januari 2024, 16:52 WIB
diajak-kampanye-kaesang-jokowi-enggan-jawab-apakah-akan-ikut-kampanyekan-gibran-rakabuming-raka
Presiden Joko Widodo berswafoto dengan warga saat mengunjungi Pasar Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). (Sumber: Anis Efizudin/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengaku sudah berkali-kali oleh anaknya yang kini menjabat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. Jokowi pun enggan memberi jawaban tegas apakah ia akan berkampanye selama Pemilu 2024.

Ayah dari cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka itu mengaku sebatas menyampaikan ketentuan dalam UU Pemilu ketika berkata presiden dibolehkan kampanye.

Baca Juga: Nusron Wahid Beberkan Persiapan Prabowo Hadapi Debat Pamungkas Pilpres 2024

"Oh iya, saya sudah diajak bolak-balik (oleh Kaesang). Tapi sekali lagi, saya menyampaikan ketentuan undang-undang saja, Undang-Undang Pemilu saja, (kok) sudah ramai ya," kata Jokowi di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024), dikutip dari tayangan Kompas Petang di KompasTV.

Sebelumnya, Kaesang mengaku telah mengajak sang ayah untuk berkampanye bersama PSI. Partai yang didirikan pada 2014 itu mendukung paslon Prabowo-Gibran di Pemilu 2024.

Saat ditanya apakah sudah menentukan dukungan untuk paslon tertentu, Jokowi enggan menjawab. Politikus PDI Perjuangan (PDI-P) itu juga tidak menjawab apakah akan berkampanye untuk anaknya, Gibran.

Jokowi sebatas menekankan bahwa dirinya mengatakan presiden boleh kampanye untuk menyampaikan ketentuan dalam UU Pemilu. Ia pun mengaku menjawab demikian karena wartawan bertanya lebih dulu.

"Wong ada pertanyaan, ya kan? Saya menyampaikan ketentuan undang-undang saja sudah ramai," kata Jokowi.

Baca Juga: Surya Paloh Harap KPU dan Bawaslu Bebas dari Intervensi di Pemilu 2024: Harus Mampu Jalankan Amanat


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x