Kompas TV nasional politik

Anies-Muhaimin Kagumi Megawati di Usia 77 Tetap Jaga Demokrasi, Tak Mempan Iming-Iming Perpanjangan

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 07:15 WIB
anies-muhaimin-kagumi-megawati-di-usia-77-tetap-jaga-demokrasi-tak-mempan-iming-iming-perpanjangan
Calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, dalam acara Gagas RI di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengucapkan selamat ulang tahun untuk Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. 

Cak Imin, sapaan akrabnya, mengaku kagum dan hormat kepada Megawati. Ia menilai meski telah mencapai usia 77 tahun, Megawati tetap konsisten dalam menjaga demokrasi. 

"Selamat ulang tahun kepada Bu Mega. Saya kagum dan hormat. Konsistensi beliau jaga demokrasi," kata Cak Imin di SBS Center Premiere Venue, Kabupaten Bogor, Selasa (23/1).

Lebih lanjut pria yang juga Ketua Umum PKB ini menjelaskan konsistensi Megawati menjaga demokrasi di Indonesia bukan terjadi belakangan ini, atau saat Megawati memimpin Indonesia. 

Komitmen itu sudah ada sejak era orde baru. Hal ini diketahui lantaran dirinya bagian dari keluarga Megawati sejak orde baru. 

Baca Juga: Anies, Prabowo dan Ganjar Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-77 pada Megawati

Ia meyakini komitmen menjaga demokrasi di Indonesia akan tetap dijaga Megawati. 

"Semoga sampai akhir pun alam istikamah kawal demokrasi dan ketidakadilan," ujar Cak Imin.

Adapun PKB pernah bekerja sama dengan PDI-P dan tiga parpol lain untuk berkoalisi mengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014 lalu. Pasangan ini kemudian memenangkan kontestasi Pilpres saat itu.

Kemudian PKB dan PDI-P kembali berkoalisi di Pilpres 2019 dengan mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin. Pasangan ini pun kembali memenangkan Pilpres.

Terpisah Capers nomor urut 1, Anies Baswedan juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Megawati. 

Baca Juga: Megawati Ulang Tahun, Ganjar Unggah Foto Keceriaan di Sekolah Partai PDI-P

Senada Cak Imin, Anies menilai Megawati merupakan pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi. 

Hal itu terlihat dari rekam jejaknya di pemerintahan yang menunjukkan sikap hormat pada aturan dan konstitusi.

"Ketika bertugas sebagai presiden beliau menjalankan pemilu dengan netral. Bahkan sebagai presiden, di dalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang," ujar Anies di sela kampanye di DI Yogyakarta, Selasa (23/1). 

Anies menambahkan saat Megawati berada di luar pemerintahan dan menjadi oposisi, dijalaninya dengan tabah sampai kemudian kembali ke pemerintahan lagi. 

"Ketika sudah di pemerintahan lagi ada iming-iming, Perpanjangan, tapi enggak bergeming. Jadi menurut saya, di hari ultah ini kita bisa ambil pelajaran dari Ibu Mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi, semoga panjang umur sehat selalu," ungkap Anies.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x