Kompas TV nasional politik

Pakar Komunikasi Politik Berpendapat Masyarakat akan Diuntungkan dengan Kunjungan Kerja Jokowi

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 04:30 WIB
pakar-komunikasi-politik-berpendapat-masyarakat-akan-diuntungkan-dengan-kunjungan-kerja-jokowi
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim membagikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 secara langsung di Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pakar komunikasi politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Triyono Lukmantoro menilai masyarakat yang akan diuntungkan dengan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi ke sejumlah daerah.

Triyono menyampaikan hal itu dalam dialog Kompas Petang di KompasTV, Selasa (23/1/2024), membahas tentang intensnya kunjungan Jokowi ke Jawa Tengah dalam sebulan terakhir.

“Kalau kita ngomong soal Bapak Presiden, Jokowi, dan sebagainya, pasti nanti masyarakat Yyang diuntungkan),” jelasnya menjawab pertanyaan tentang iapa yang akan diuntungkan dari kunjungan tersebut.

“Masyarakat yang menerima bantuan sosial, masyarakat yang menerima manfaat dari jalan yang diperbaiki, dan sebagainya.”

Meski demikian, Triyono memastikan bahwa kunjungan kerja tersebut akan memberi pengaruh elektoral. Namun ia tidak menyebut pengaruh elektoral untuk siapa.

“Tapi memang ini pasti punya efek atau pengaruh elektoral, gitu. Seberapa tinggi, seberapa jauh,memang ini perlu diteliti, artinya perlu dikaji lebih lanjut.”

Baca Juga: Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Jokowi: Anak-Anak Kita Harus Sekolah Semuanya

“Paslon mana nih yang diuntungkan? Kalau Mas Chico (Hakim) mengklaim ya jelas paslon nomor 3 dong karena Pak Ganjar itu kan penerusnya Pak Jokowi dan sebagainya, dan ada kemiripan secara biografis dan sebagainya.”

Tapi, lanjut Triyono orang juga melihat bahwa anak dari Jokowi menjadi cawapres nomor urut 2.

“Sekali lagi, Jokowi ini seringkali menggunakan simbol-simbol, dan tidak pernah secara eksplisit mendukung.”

Mengenai pernyataan Jokowi tentang jalanan rusak di Jawa Tengah, ia meyakini orang nomor satu di republik ini tidak bermaksud mengritik kegagalan Ganjar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x