Kompas TV nasional rumah pemilu

Penilaian pakar Mikroeskpresi terhadap Gestur 3 Cawapres saat Debat Keempat

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 21:05 WIB
penilaian-pakar-mikroeskpresi-terhadap-gestur-3-cawapres-saat-debat-keempat
Pakar gestur dan mikroekspresi Monica Kumalasari menganalisis gestur tiga calon wakil presiden (cawapres) dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pakar gestur dan mikrekspresi Monica Kumalasari menganalisis gestur tiga calon wakil presiden (cawapres) dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024).

Menurut Monica, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menunjukkan ekspresi seperti sesuatu yang sudah tidak tertahankan lagi saat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melancarkan 'serangan'.

“Jadi kalau kita lihat di 01 ini, ketika Gibran skakmat melancarkan serangannya, ini juga nampak ada ekspresi Cak Imin juga geleng-geleng kepala kemudian sampai menaruh tangannya di atas kepala, seperti ingin menggaruk kepala,” kata Monica dalam dialog Sapa Indonesia Malam di KompasTV, Senin (22/1/2024).

“Ini adalah suatu ekspresi yang sampai sudah tidak terkatakan lagi secara verbal, artinya menghadapi si 02 ini.”

Baca Juga: Reaksi Mahfud Saat Gibran Sebut Food Estate Ada yang Berhasil

Menurutnya, ini seperti show berbalas pantun, karena kemudian Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin dengan santainya membalas.

“Ini kalau kita lihat bahwa sekarang ini sudah lebih cair daripada debat sebelumnya, walaupun pada debat ini ada keragu-raguan, atau mungkin kita mengatakan gugup, seperti itu ya,” tambahnya.

“Terus kemudian juga serangan ini ditambah lagi dengan mengatakan masih mengenai ijazah palsu dan sebagainya.”

Menurutnya Cak Imin cukup baik dalam mengendalikan emosinya,karena ketika ada serangan, ia mengambil jarak dengan penyerangnya.

“Cak Imin ini mengambil jarak terhadap si pokok serangannya itu sendiri, sehingga tidak ada kebocoran-kebocoran emosi yang tidak perlu.”

“Kemudian kalau kita melihat ke 02, yang paling menjadi perhatian adalah ketika mencari, kalau saya mengatakan ini seperti gerakan pantomim, ini kan menjadi viral,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x