Kompas TV nasional rumah pemilu

Yenny Wahid Sebut Debat Cawapres Rusak akibat Ada Kandidat yang Remehkan Paslon Lain

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 10:38 WIB
yenny-wahid-sebut-debat-cawapres-rusak-akibat-ada-kandidat-yang-remehkan-paslon-lain
Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Yenny Wahid di gedung JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Yenny Wahid menyebut, suasana debat cawapres kedua Pilpres 2024 menjadi rusak akibat ada salah satu kandidat yang mencoba meremehkan pasangan calon (paslon) lain dengan gimik yang tidak masuk ke substansi. 

Menurut dia, debat itu semestinya tidak harus saling menjatuhkan antar paslon yang ada di atas panggung. Sebab, itu menjadi ajang bagi masyarakat untuk menilai calon pemimpinnya. 

Baca Juga: [FULL] Mahfud MD Jelaskan soal Tak Layak Jawab Pertanyaan Gibran saat Debat Cawapres

"Jadi ada penilaian seolah-olah ada paslon tertentu yang berupaya untuk meremehkan paslon lainnya. Menurut saya kita membutuhkan debat yang bermartabat, debat yang menggali substansi, bukan debat yang diisi dengan upaya-upaya untuk menjatuhkan orang lain lewat cara-cara yang tidak sopan," kata Yenny di JCC, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Yenny tak menyebut salah satu kandidat yang merusak suasana debat tadi malam. Namun, ia menyayangkan hal itu terjadi di dalam debat cawapres. 

"Nah agak sedikit disayangkan sih bahwa kemudian suasananya menjadi rusak ketika ada persoalan cara menyampaikan debat yang tidak sesuai dengan norma kesopanan di Indonesia," ujarnya. 

"Jadi seharusnya kan debat ini adalah ajang bagi para pemirsa di seluruh Indonesia untuk melihat, apa isi kepala paslon berkaitan dengan kebijakan, berkaitan dengan regulasi, berkaitan dengan apa yang akan mereka usung menjadi prioritas kebijakan, ketika nanti menjabat sebagai presiden dan wakil dan wakil presiden," katanya. 


Ia berharap debat terakhir nanti tak terulang lagi peristiwa serupa seperti tadi malam. 

Yenny meminta kepada para calon pemimpin agar bisa menampilkan dan menjelaskan gagasanya secara baik kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Respons Yenny Wahid soal Dukungan Khofifah untuk Prabowo-Gibran

"Kira berharap bahwa debat ke depan betul-betul mendidik baik secara substansi maupun secara etika, kita menunjukkan bahwa usia berapa pun itu tetap bisa menghargai orang lain," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x