Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud Sebut Pertanyaan Gibran Recehan, Sekjen PDIP Singgung Putusan MK dan Kedewasaan Pemimpin

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 08:35 WIB
mahfud-sebut-pertanyaan-gibran-recehan-sekjen-pdip-singgung-putusan-mk-dan-kedewasaan-pemimpin
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi penampilan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat antar cawapres pada Minggu (21/1/2024). 

Hasto sependapat dengan pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD yang menilai pertanyaan Gibran dalam debat tak penting atau recehan. 

Menurut dia, masyarakat bisa melihat akibat keputusan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang meloloskan Gibran bisa menjadi cawapres, sehingga usia 40 tahun merupakan syarat mutlak untuk menjadi capres dan cawapres. 

Baca Juga: Gibran Respons Mahfud soal Pertanyaan Receh di Debat Cawapres

"Sehingga ini menunjukkan lagi-lagi bahwa kedewasaan seseorang itu menjadi sangat penting," kata Hasto usai debat cawapres di gedung JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu. 

"Maka kami berpikir, oh ternyata keputusan Mahkamah Konstitusi ketika melakukan rekayasa hukum oleh Paman Mas Gibran, itu ternyata berdampak bahwa usia 40 tahun itu ternyata sangat menentukan kedewasaan seseorang," ujarnya. 

Selain itu, kata Hasto, dirinya juga setuju dengan pernyataan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

"Maka kemudian Cak Imin memberikan sindiran kepada Mas Gibran. Pak Gibran ini berbicara sebagai seorang pemimpin tentang suatu policy atau kebijakan. Bukan teka-teki silang. Sehingga greeninflation itu tidak dikaitkan apa dengan kepentingan rakyat, apa dengan kepentingan nasional kita," katanya. 

Sebelumnya, Mahfud MD enggan merespons tanggapan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, atas jawabannya untuk pertanyaan greenflation atau inflasi hijau.

Mulanya Gibran bertanya kepada Mahfud mengenai bagaimana cara mengatasi inflasi hijau.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation? Terima kasih," tanya Gibran singkat dalam debat cawapres kedua di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Moderator lalu mengatakan masih ada waktu bagi Gibran dan memintanya untuk menjelaskan terminologi yang dia gunakan.

"Tadi tidak saya jelaskan karena kan beliau (Mahfud) profesor. Greenflation adalah inflasi hijau, sesimpel itu," kata Gibran.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x