Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Cawapres, Ketika Gibran Sebut Cak Imin Dapat Contekan dari Tom Lembong

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 07:27 WIB
debat-cawapres-ketika-gibran-sebut-cak-imin-dapat-contekan-dari-tom-lembong
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan komitmen cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar tentang lingkungan hidup.

Hal itu dilakukan Gibran saat menjawab pertanyaan Muhaimin tentang pembangunan berbasis bioregional dalam debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua cawapres, Minggu (21/1/2024).

Awalnya, Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, menanyakan tentang strategi Gibran melaksanakan pembangunan berbasis bioregional agar keadilan iklim terjaga, dan keadilan ekologi terlaksana dengan baik.

Menjawab pertanyaan itu, Gibran justru menanyakan komitmen Cak Imin tentang lingkungan hidup.

“Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup tapi itu kok pakai botol-botol plastik itu, padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca, itu gimana komitmennya,” kata Gibran.

“Intinya di sini kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi Jawa-sentris, harus mulai Indonesia-sentris.”

Gibran kemudian menyinggung Cak Imin yang disebutnya menolak IKN, namun Gibran bertekad akan melanjutkan dan memperkuat.

Baca Juga: Komika Yudhit: Politisi Suka Pakai Istilah Sok Keren Biar Masyarakat Makin Nggak Ngerti

“Sekali lagi yang namanya pembangunan yang masif harus memperhatiakn aspek lingkungan, sosial, dan keberlanjutannya.”

“Kita pastikan mencari titik tengah, sekali lagi titik tenaga, titik keseimbangan, membanguan hilirisasi industri tapi harus memperhatikan lingkungan hidup,” kata Gibran.

Pihaknya, lanjut Gibran, akan menggenjot produktivitas para petani, sektor maritim, tapi juga tetap menjaga keseimbangan alam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x