Kompas TV nasional rumah pemilu

Gibran Sebut Perlu Tumbuhkan Rasa Memiliki agar Masyarakat Tetap di Desa, Contohkan di Mojokerto

Kompas.tv - 21 Januari 2024, 22:39 WIB
gibran-sebut-perlu-tumbuhkan-rasa-memiliki-agar-masyarakat-tetap-di-desa-contohkan-di-mojokerto
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjawab pertanyaan dari cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon wakil presiden (cawapres) RI nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menilai perlu menumbuhkan rasa memiliki pada masyarakat desa agar berminat untuk tinggal dan membangun daerahnya.

Pernyataan Gibran tersebut disampaikan dalam debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua cawapres, Minggu (21/1/2024) di Jakarta, menanggapi jawaban cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atas pertanyaan panelis.

Dalam debat tersebut, panelis menanyakan strategi paslon agar masyarakat desa lebih berminat tinggal di desa dan membangun daerahnya.

“Intinya di sini adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan rasa sense of belonging (rasa memiliki, red) dari masyarakat desa,” kata Gibran.

Gibran kemudian menceritakan dirinya pernah berkunjung ke salah satu desa wisata di Mojokerto, Jawa Timur.

“Saya pernah ke Mojokerto, di situ ada desa, desa wisata nomor satu se-Indonesia, kemarin dapat penghargaan dari Pak Sandiaga Uno.”

Baca Juga: Cak Imin: Pak Gibran, Semua Ada Etikanya, Kita Diskusi, Bukan Tebak-tebakan Singkatan

“Intinya adalah, ini adalah desa wisata, dibangun dengan crowdfunding (pendanaan orang banyak, red), jadi masyarakat desa punya saham di destinasi wisata tadi,” tambahnya.

Cara seperti itu, menurut Gibran, merupakan cara yang baik agar masyarakat desa tidak mencari pekerjaan di kota.

“Ini salah satu contoh yang baik, cara bagaimana agar masyarakat desa tidak meninggalkan desa atau mencari pekerjaan di kota,” kata Gibran.

“Kita bangun sense of belonging, kita pengin program-program yang sudah dijalankan di Mojokerto ini juga bisa dijalankan di desa-desa yang lain.”

Merespons pernyataan Gibran tersebut, Muhaimin mengatakan ada yang lebih penting, yakni desa harus terus diberi fasilitas intensif.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x