Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Keempat Pilpres 2024, Muhaimin Bakal Berdiri di Tengah, Paparkan Visi Misi dan Gagasan Pertama

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 22:15 WIB
debat-keempat-pilpres-2024-muhaimin-bakal-berdiri-di-tengah-paparkan-visi-misi-dan-gagasan-pertama
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar akan menjadi pihak pertama yang memaparkan visi, misi dan gagasan di acara debat keempat Pilpres 2024. 

Nantinya, posisi Muhaimin akan berada di tengah, diapit cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menyebut posisi capres dan cawapres yang menyampaikan visi, misi dan program ini sudah ditetapkan sejak debat pertama. 

Saat debat pertama untuk capres, Anies Baswedan mendapat giliran pertama capres yang memaparkan visi, misi dan program. Posisi Anies ditempatkan di tengah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Pada debat kedua untuk cawapres, giliran Gibran Rakabuming Raka berada di tengah dan menjadi cawapres pertama yang memaparkan visi, misi dan gagasan. 

Baca Juga: Akan Bahas Isu Agraria hingga Desa, Bagaimana Persiapan Cawapres Jelang Debat Keempat Pilpres 2024?

Kemudian di debat ketiga untuk capres, Ganjar Pranowo menjadi peserta debat pertama yang memaparkan visi misi. 

Rotasi urutan pemaparan visi, misi dan program kerja ini akan terus berlanjut hingga debat terakhir pada Minggu (4/2/2024). 

"Jadi nanti, di debat keempat, urutan untuk penyampaian visi dan misi akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 1. Sedangkan untuk posisi, nanti kalau tidak salah itu, pasangan calon nomor urut 1 di tengah. Itu sudah diatur," ujar Mellaz, saat jumpa pers, Jumat (19/1/2024). 

Mellaz menambahkan, format debat keempat ini masih sama dengan tiga debat capres-cawapres sebelumnya. Begitu juga dengan durasi debat, yakni 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan 30 menit untuk jeda iklan. 

Pelaksanaan debat keempat terbagi dalam enam segmen. Pembukaan di segmen pertama; pendalaman visi, misi dan program kerja di segmen dua dan tiga; lalu tanya jawab dan tanggapan di segmen empat dan lima; lalu penutup di segmen enam. 

Baca Juga: Jubir TPN Yakin Mahfud Akan Kuasai Debat Cawapres Kedua Pilpres 2024 Besok: Beliau Berpengalaman

Cawapres nantinya tidak diperkenankan menggunakan alat bantu selain alat tulis dan kertas. Cawapres akan diberi podium dan menggunakan pengeras suara yang ada di podium. 

Kemudian untuk akronim atau singkatan harus diperjelas agar tidak menimbulkan problematika.

Tema debat keempat ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. 

"Debat empat untuk cawapres akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024) pukul 19.00 WIB," ujar Mellaz. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x