Kompas TV nasional politik

Sri Mulyani dan Basuki Diisukan Bakal Mundur, Istana dan Zulhas Bantah, Mahfud Bilang Tak Tahu

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 08:28 WIB
sri-mulyani-dan-basuki-diisukan-bakal-mundur-istana-dan-zulhas-bantah-mahfud-bilang-tak-tahu
Presiden Joko Widodo mengumumkan menteri Kabinet Indonesia Maju di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: Kominfo)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Beredar kabar atau isu Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju. 

Isu itu diembuskan oleh Ekonom Senior Faisal Basri yang menyatakan kedua pembantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu akan mundur dari jabatannya.  

Kabar tersebut langsung direspons oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah kalau Sri Mulyani dan Basuki akan mundur. 

Baca Juga: Istana Bantah Sri Mulyani dan Basuki Mundur dari Kabinet Pemerintahan Jokowi

Ari menegaskan kedua menteri berlatar profesional tersebut masih kompak dan solid membantu Presiden Jokowi.

“Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya,” kata Ari Dwipayana, Kamis (18/1/2024). 

Ari menyebut ada sejumlah pihak yang memang sengaja melontarkan isu tersebut ke publik. 

"Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan, tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut,” kata Ari.

Senada, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menyatakan hingga saat ini seluruh menteri masih solid bekerja untuk mensukseskan pemerintahan Presiden Jokowi.  

Ia meminta tidak ada isu-isu dibuat-buat jelang pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024.

“Loh jangan suka bikin isu, jangan suka bikin isu ya, 14 Februari pemilu, kita liat nanti yang damai, pemilunya yang gembira, jangan saling menjelekkan satu dengan yang lain. Ini kan kompetisi antar-keluarga atau saudara." 

“Kan kita sudah berapa kali ya, sudah 20 tahun, hampir 25 tahun kan seperti ini, biasa-biasa aja. Saya keliling daerah, ke mana-mana rakyat itu guyub, akur, ada yang pilih A, ada yang pilih B walaupun yang banyak (pilih) Pak Prabowo ya. Tapi nggak ada masalah itu. Nggak ada yang marah-marah, nggak ada yang ngejek satu dengan yang lain, akur rukun begitu," kata Zulhas. 

Kemudian, Zulhas dikonfirmasi kenapa Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak hadir dalam rapat terbatas yang dilakukan hari ini di Istana.

“Orang nggak ada apa-apa kok dibahas,” ujar Zulhas.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD menjawab dirinya tak mengetahui ihwal isu tersebut. 


Sebab, ia tak berbicara dengan Sri Mulyani terkait benar atau tidaknya yang bersangkutan akan mundur dari posisinya sekarang. 

Baca Juga: Kata Mahfud MD Soal Beredar Kabar Menkeu Sri Mulyani akan Mundur dari Kabinet Jokowi

Hal ini disampaikan Mahfud MD saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan pada Kamis (18/1/2024)

“Enggak tahu saya, saya enggak tahu, enggak pernah bicara begitu dengan Bu Sri Mulyani,” ujar Mahfud.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x