Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sebut Akan Ada 8-10 Proyek yang Lakukan Groundbreaking di IKN Setiap Bulan

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 08:21 WIB
jokowi-sebut-akan-ada-8-10-proyek-yang-lakukan-groundbreaking-di-ikn-setiap-bulan
Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (17/01/2024). (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ada sejumlah proyek yang akan dibangun (groundbreaking) di Ibu Kota Nusantara (IKN) setiap bulannya. Ia menyebut groundbreaking itu cerminan kepercayaan investor kepada IKN. 

Hal tersebut diungkapkan Presiden kepada awak media di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (17/1/2024), usai melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur.

"Ke depannya akan ada 8 hingga 10 proyek yang setiap bulannya akan dilakukan peletakan batu pertama," kata Jokowi, dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden. 

Baca Juga: Jokowi Lakukan Siaran Perdana dari Studio RRI di IKN

Dia mengatakan sebenarnya ada banyak investor yang ingin berinvestasi di IKN. Namun pemerintah tidak bisa begitu saja menerima semua investor tersebut. 

"Sebetulnya memang yang antre banyak tapi perlu juga diverifikasi, perlu disaring sesuai dengan kebutuhan yang ada di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya. 

Di hari yang sama, saat meresmikan dimulainya pembangunan kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Jokowi menyampaikan masifnya pembangunan di IKN membuktikan keseriusan pemerintah membangun ibu kota baru. 

Baca Juga: Jokowi Yakin Upacara HUT ke-79 RI Bisa Digelar di IKN, Istana Kebut Persiapannya

Seperti pembangunan kantor LPS yang merupakan lembaga yang menjamin simpanan nasabah di perbankan. 

"Saya berharap pembangunan kompleks perkantoran LPS di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, kepercayaan dunia usaha, kepercayaan investor, karena kalau LPS sudah memulai, artinya yang lain pasti akan percaya bahwa ibu kota ini akan segera jadi, dan meningkatkan rasa aman masyarakat, pelaku usaha, dan investor, karena LPS segera akan berkantor di IKN," tutur Jokowi. 

Baca Juga: PLN Segera Resmikan Stasiun Pengisian Hidrogen di Senayan, Diklaim Lebih Irit dari BBM dan Listrik

Ia mengatakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga akan segera berkantor di IKN.

"Dan, groundbreaking ini membuktikan kesungguhan komitmen kita, kesiapan kita untuk membangun Ibu Kota Nusantara menjadi ibu kota negara yang berkelas dunia," ucapnya.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x